Pelepasan PAUD Al-Fath Pagaralam Berkesan

 396 total views,  2 views today

Pelepasan TK Al-Fath Kota Pagaralam

Pelepasan TK Al-Fath Kota Pagaralam

PAGARALAM – Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menggelar acara perpisahan yang dihadiri sekitar  30 anak didik terdiri atas anak-anak dan orang tua di PAUD Al Fath, Jalan Kopral Kadir, Kecamatan Pagaralam Utara. Pantauan di lapangan, anak-anak kelompok bermain dan kelompok 2 menampilkan tarian, bernyanyi dan baca puisi  hingga membuat acara semakin meriah, Minggu (15/6).

Pengurus Lembaga Pendidikan Al-Fath, Jauhari Sedim SPd mengatakan, acara pelepasan di PAUD Al-Fath ini digelar karena kelompok bermain dan kelompok 2 akan memasuki pendidikan selanjutnya. Apalagi bagi anak didik telah lulus di PAUD Al Fath, mereka ada yang akan melanjutkan TK hingga SD.

“Kegiatan ini digelar untuk membangun tali silaturahim antara orangtua dan guru,” terangnya.

Meski begitu kata Jauhari, adanya gerak tari, baca puisi dan lagu yang mereka tampilkan pada kegiatan pelepasan itu agar anak-anak dapat berkreasi dan orangtua pundapat  melihat kemajuan anak-anak mereka.

“Termasuk pula merka dapat mengetahui karakter anak-anaknya baik melalui aksi menari maupun bernyanyi. Di sini bisa terlihat bagaimana sebenarnya karakter anak tersebut dalam menyalurkan bakat kreasinya,” kata Jauhari.

Diakatakannya, kegiatan itu pastinya digelar agar orangtua dapat mengetahui perkembangan anak-anak. Sehingga apa yang menjadi kekurangan ataupun yang menjadi kelebihannya dapat diketahui sebagai orangtua hingga dapat menggali potensi anaknya kedepan.

“Jika hal itu dapat dipahami dan dikembangkan,  bisa saja anak-anak  menjadi bintang di masa yang akan datang,” terangnya seraya berujar di akhir acara yang paling mengesankan, semua anak PAUD secara tertib melewati sebuah gerbang yang sudah dirancang oleh guru-guru di Al-Fath.

Ditambahkan Bunda TK Al-Fath Eli Fitriana SPdI, acara itu digelar begitu bermakna bagi tugas dewan guru di PAUD yang sudah selesai dengan melepaskan anak-anak ini untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

“Upaya dalam penilaian pendidikan yang ditunjukkan pada anak usia dini dilakukan melalui pembinaan guna membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak kita memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Anak-anak lanjutnya,  merupakan masa depan bangsa dan Negara, karena  mereka memiliki cita-cita yang sangat mulia dalam memajukan masa depan indonesia nantinya. Eli berpesan, anak-anak harus rajin melaksanakan ibadah Sholat, membaca Al-Qur’an. Kemudian jangan sekali-kali melawan kepada bapak dan ibu serta guru, jika ingin menjadi orang yang sukses dimasa-masa mendatang.

“Anak-anak harus rajin belajar dan beribadah, patuh terhadap nasehat orang tua dan bapak/ibu guru, yang selanjutnya sayang terhadap sesama teman dan saling menghormati,” pesannya seraya berujar peningkatan mutu pelayanan PAUD secara lebih terarah dan terpadu telah kita kerahkan semaksimal mungkin kepada anak-anak, mengingat pentingnya peran pendidikan anak usia dini dalam perkembangannya dan keberadaannya ditengah-tengah masyarakat hingga melahirkan sumber daya manusia yang cerdas.

Sementara itu salah satu orang tua anak, Elfina Febrianti didampingi anak PAUD Al-Fath Muhammad Avin Alexander mengatakan, ajang kreasi anak-anak setelah mengikuti pendidikan disini begitu mengesankan baik bagi orang tua anak maupun para guru.

“Kami ucapkan banyak terima kasih kepada pihak sekolah yang telah mendidik anak kami, dimana mereka telah banyak mengetahui berbagai hal baik melalui pelajaran-pelajaran di sekolah maupun tata cara sesama teman dan saling menghormati,” ucapnya.

 

TEKS   : ANTONI STEFEN

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster