Masyarakat Masih Malas Urus IMB

 297 total views,  2 views today

izin-usahaINDRALAYA – Kesadaran masyarakat khususnya yang berada di pedesaan dalam mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB), masih rendah.  Meski demikian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir (OI) melalui Kantor Peizinan Satu Atap, terus berusaha melakukan sosialisasi akan pentingnya memiliki IMB.

Kepala Kantor Perizinan Satu Atap, Husni Thamrin, mengakui  kesadaran masyarakat di Bumi Caram Seguguk tersebut, terutama di pedesaan untuk membuat surat IMB masih minim atau rendah. “Ya, kita akui, kesadaran untuk membuat IMB masih minim khususnya di daerah pedesaan,” kata Husni dibincangi, kemarin.

Ia menambahkan, biasanya warga yang membuat IMB ada beberapa keperluan mendadak seperti mengajukan pinjaman ke bank atau lainnya. “Biasanya, kalau ada keperluan penting seperti meminjam uang di bank atau lainnya baru cepat diurus. Padahal, untuk membuat IMB tidaklah terlalu mahal,” tuturnya.

Untuk di pedesaan, lanjutnya, kesadaran masyarakat untuk membuat IMB antara 20-30 persen saja, namun untuk wilayah perkotaan misalnya di Indralaya, hampir seluruh bangunan sudah mempunyai IMB, terutama perumahan dan pertokoan. “Di pedesaan, bangunan yang memiliki IMB hanya 20-30 persen saja. Tetapi di perkotaan, sudah banyak,” ucapnya.

Ia menambahkan, untuk mengurus IMB tidaklah terlalu sulit. Prosesnya pun dijanjikannya, akan cepat asalkan syaratnya lengkap. Persyaratan tersebut yakni surat pengantar dari kepala desa (kades) atau lurah, rekomendasi dari camat setempat.

Setelah itu jelasnya, rekomendasi diteruskan ke Badan Tata Kota. “Jika rekomendasi dari tiga lembaga tersebut sudah ada, barulah proses selanjutnya di Kantor Perizinan Satu Atap. Kita himbau masyarakat terutama yang ada di pedesaan, untuk membuat IMB,” tukasnya.

 

TEKS              : JUNAEDI ABDILLAH

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster