Harga Daging Tembus Rp 120 Ribu/Kg

9 total views, 3 views today

Penjual Daging

Penjual Daging

KAYUAGUNG – Mendekati  bulan Rhamadan harga daging  sapi mengalami kenaikan, terutama di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), saat ini harga daging sapi  menyentuh angka Rp 120 ribu/kg. Kondisi ini tentu membuat masyarakat sebagai pembeli keberatan.

Namun demikian, minat masyarakat untuk membeli daging tetap tinggi. Kenaikan harga daging ini selain disebabkan oleh pasokan yang kurang, ditambah lagi kebutuhan masyarakat untuk mengkonsumsi daging  juga sangat tinggi.

Menurut pedagang daging sapi di pasar Kayauagung OKI, H Jahri, bahwa harga senilai Rp 120 ribu/kg ini baru berlangsung beberapa minggu terakhir, karena telah mendekati puasa, sedangkan sebelumnya hanya mencapai Rp 100 ribu/kgnya.

“Untuk kenaikan harga seharga itu, pasokan kurang, sementera permintaan meningkat, kalau  sebelumya hanya Rp 100-110 ribu/kg,” ujarnya.

H Jahri menjelaskan, untuk setiap harinya jumlah pasokan daging sapi yang disiapkan pada yakni 2 ekor sapi/hari. Dari sebanyak 2 ekor sapi itu, dalam 1 hari habis, karena permintaan pembeli mulai dari rumah tangga hingga pedagang bakso dan rumah makan sangat banyak.

“Sekarang menyambut awal Rhamadan ,permintaan pembeli sangat banyak, belum sampai siang stok daging sudah habis,” katanya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindagkop) OKI, Heri Susanto, menghimbau kepada seluruh pedagang Daging di Kabupaten OKI untuk tidak menaikkan harga yang tidak wajar.

”Kita terus memantau di lapangan, mengenai kenaikan harga bahan pokok, memang ada beberapa bahan pokok yang naik, memasuki bulan puasa, jika nanti sudah melonjak tinggi, kita akan gelar pasar murah, kita juga meminta para pedagangan jangan menaikkan harga yang tidak wajar,” terangnya.

Heri mengatakan,  Pemerintah Kabupaten OKI, khususnya Disperindagkop akan senantiasa terus berupaya untuk menjamin ketersediaan sembilan bahan pokok di pasar – pasar yang berada di Kabupaten OKI khususnya pasar Kota Kayuagung.” Kita akan berusahan semaksimal mungkin agar harga kebutuhan bahan pokok di bulan suci Ramdhan dan Hari Raya Idul Fitri tidak melonjak tinggi,”tandasnya.

 

TEKS  :DONI AFRIANSYAH

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com