Akibat Seringnya “Byar Pet”, Alat Rekam Data e-KTP Rusak

 131 total views,  2 views today

Operator E-KTP

Ilustrasi Operator E-KTP

EMPAT LAWANG – Dua kecamatan di Kabupaten Empat Lawang, dipastikan tidak bisa melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP). Itu lantaran, alat perekaman data rusak, diduga akibat sering terjadi pemadaman listrik sesaat (byar pet, red).

Dua kecamatan itu yakni Kecamataan Muara Pinang dan Pasemah Air Keruh. Pengakuan dari kedua kecamatan tersebut, alat rekam data e-KTP rusak dikarenakan kondisi tegangan listrik kerap tidak kuat, kemudian ditambah pula seringnya terjadi byar pet.

“Jadi untuk sementara ini, dua kecamata itu belum bisa melakukan perekaman e-KTP.  Kerusakan alat perekam datanya, cukup parah,” kata Kepala Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Empat Lawang , H Choiri Badri, kemarin.

Menurut Choiri, kerusakan tersebut sudah disampaikan ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). Kemendagri diminta, untuk segera memperbaikinnya. Namun, karena jarak tempuh jauh, sehingga perbaikan agak lamban. “Kita sudah menghubungi teknisinya,  tetapi  kondisi daerah dan jarak tempuh jauh, maka sampai sekarang belum diperbaiki, ” terangnya.

Choiri menambahkan, Disdukcapil akan berusaha semaksimal mungkin mengupayakan perbaikan terhadap alat-alat yang rusak tersebut. Dengan begitu, masyarakat di dua kecamatan tersebut, bisa melakukan perekaman e-KTP. “Kita tidak ingin, proses rekam data tersebut terganggu. Karenanya kita akan semaksimal mungkin, agar alat tersebut segera diperbaiki,” tukasnya.

 

TEKS              : SAUKANI

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster