Air Bersih di RSDB Kurang Optimal

 233 total views,  2 views today

Salah satu pengunjung di RSBD tengah berwudhu mengunakan air kemasan

Salah satu pengunjung di RSBD tengah berwudhu mengunakan air kemasan

PAGARALAM – Kurang optimalnya pasokan air bersih yang menjadi sarana dan prasarana vital di Rumah Sakit Daerah Besemah (RSDB) Kota Pagaralam, hingga menimbulkan sejumlah permasalahan sosial baru. Hal itu terlihat kurang memadainya penyedian air bersih baik untuk mandi maupun air wudhu yang ada disejumlah Sal dan Masjid  As Shifa hingga menimbulkan ketidaknyamanan para pengunjung maupun keluarga pasien di rumah sakit mega di Bumi Besemah ini.

Ahmad Ali menyebutkan, sejak dua hari terakhir ia menemani keluarganya yang di rawat di Sal Anak seperti orang kehausan yang berebutan minum. Minimnya ketersediaan air bersih yang terjadi di Sal Anak maupun  Masjid As Shifa, sampai-sampai ada  sebagian  dari pengunjung yang menemani pasien tidak sempat mandi. Bahkan lebih parahnya lagi mau mengambil air wudhu terpaksa menggunakan kemasan air mineral.

“Ya mau digimanakan lagi, kalau mau wudha saja menggunakan kemasan air mineral, apalagi mau mandi,” kata Ahmad menyayangkan.

Hal serupa dikemukakan Fibi, pengunjung lainnya. Ia mengatakan, minimnya pasokan air bersih di dalam sal itu hingga memaksa sejumlah keluarga pasien untuk mandi maupun berwudhu di sejumlah rumah warga yang ada.

“Kalau mau mandi kita menumpang kerumah warga setempat, kebetulan tak jauh dari RSDB ini,” katanya seraya berkata ada pula sebagain pengunjung terpaksa mandi di Sungai Air Kundur Dusun Petani, Kelurahan Alun Dua, Kecamatan Pagaralam Utara.

Sementara itu, Direktur RSDB Kota Pagaralam Lili Ernani SE MKes mengatakan, sejauh ini pihaknya tengah berupaya membenahi sejumlah pelayanan yang ada baik dalam bentuk pelayanan kesehatan maupun sarana dan prasarana umum lainnya.

“Mohon dimaklumi bila penyedian air bersih kurang maksimal, mengingat jaringan air bersih yang ada tengah mengalami perbaikan,” katanya.

Terpisah, Wali Kota Pagaralam Hj Ida Fitriati Basjuni membenarkan bila penyedian air bersih di RSDB Besemah belum begitu optimal, mengingat jumlah pasien yang menginap  terus mengalami peningkatan begitu pula pemakaian air yang ada. Namun, pihaknya tengah mengupayakan penambahan volume lagi agar mutu pelayanan dapat terwujud dengan baik.

“Tahun ini volume air akan ditambah demi terwujudnya pelayanan prima,” singkatnya.

 

TEKS    : ANTONI STEFEN

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster