Paspor Telah Diambil, Pencekalan Romi Herton Berakhir

 339 total views,  2 views today

Romi Herton Walikota Palembang

Romi Herton Walikota Palembang

PALEMBANG – Masa pencekalan Wali Kota Palembang, Romi Herton beserta istri, Masyitoh untuk bepergian ke luar negeri akhirnya berakhir. Surat cegah dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yang diterbitkan tanggal 11 Desember 2013, berakhir Rabu (11/6) lalu.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I.A Palembang, Bogi Widiantoro mengatakan, setelah habisnya masa pencekalan Wali Kota Palembang bersama istri, pihaknya belum mendapatkan konfirmasi terbaru dari KPK, mengenai perpanjangan pencekalan keduanya untuk berangkat keluar negeri.

“Berdasarkan surat pencekalan lama bernomor SKEP KPK Nomor KEP-885/01/12/2013 masa berlakunya berakhir pada 11 Juni 2014, secara otomatis sistem menghapus larangan Romi dan Masyitoh untuk bepergian keluar negeri,” kata Bogi, Jumat (13/6).

Menurut Bogi, untuk pengubahan sistem ada di kantor pusat, jika pencekalan keduanya terhapus, maka, pihak Kantor Imigrasi Palembang langsung mengembalikan paspor keduanya Kamis (12/6). “Pengembalian paspor keduanya disaksikan oleh Sekda Kota Palembang Ucok Hidayat,” bebernya.

Lebih jauh Bogi menjelaskan, surat cegah KPK dikelurkan terkait dugaan tindak pidana korupsi suap atau gratifikasi untuk mempengaruhi putusan perkara di Mahkamah Konstitusi (MK) dengan tersangka M Akil Mochtar. “Kedua pasangan suami istri tersebut, dilarang bepergian ke luar negeri untuk memudahkan pemeriksaan,” terangnya.

Sebagai informasi, sebelum dicegah, KPK sempat menggeledah kediaman pribadi Romi Herton di Jalan Ki Rangga Wirasantika dan menyita tiga unit ponsel, berkas terkait Pemilukada Palembang dan bukti transfer uang senilai Rp 500 juta, dari rekening milik Masyitoh pada 29 Oktober 2013 lalu.

Bukan hanya itu, KPK juga melakukan pencekalan terhadap Bupati Empat Lawang Budi Antoni Aljufri atau yang biasa dipanggil HBA, dan pencekalannya juga berakhir pada waktu yang sama dengan Romi. HBA juga dicekal bersama istrinya, Suzana.

Bogi menambahkan, HBA dan Istri juga dicekal karena permasalahan yang persis dengan Romi, yaitu adanya dugaan gratifikasi untuk mempengaruhi putusan perkara di Mahkamah Konstitusi (MK) dengan tersangka M Akil Mochtar.

“Kini, ke empatnya sudah dapat kembali bepergian keluar negeri. Karena saat ini, Imigrasi belum mendapatkan perintah selajutnya terkait pencekalan ke empatnya, untuk bepergian keluar negeri,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster