Hama Babi Serang Tanaman Petani

 229 total views,  2 views today

Warga menunjukan tanaman padi yang terkena hama leher busuk

Ilustrasi | Dok KS

INDRALAYA  – Petani di Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir (OI), mengeluhkan banyaknya hama yang kerap merusak lahan pertanian maupun perkebunan.

Hama tersebut mulai dari hama ular, tikus, burung hingga hama babi yang kerap merusak area pertanian maupun perkebunan mereka. Akibatnya, para petani merugi.

Mirisnya, kejadian tersebut sudah dialami para petani hampir satu tahun belakangan ini.

Rudin (35), warga Tanjung Batu yang juga pemilik kebun mengaku cemas apabila meningalkan kebunnya dalam keadaan tak berpenghuni.

“Puluhan ekor babi sering memakan tanaman ubi yang saya tanam. Ini pun juga kerap terjadi terhadap kebun warga yang lain. Selain itu serangan hama babi juga memakan jenis tanaman siap panen lainnya seperti jagung, semangka, ataupun umbi-umbian,” tuturnya, Jumat (13/6) kemarin.

Ia menambahkan,  hanya tanaman jenis karet yang tidak diusik hama. Untuk hama babi, datangnya bergerombol yang terkadang bisa juga membahayakan keselamatan jiwa para petani.

“Walau kami sudah menangkalnya dengan memasang lampu, tetapi tetap saja serangannya tidak bisa berhenti bahkan jumlahnya kian bertambah,” sesalnya.

Hal senada juga dikatakan Buntak Gane. Menurutnya, walaupun kebun sudah terkunci rapat  tetapi tetap saja puluhan ekor babi masuk ke dalam kebun. Hama babi tidak saja memakan tanaman yang tumbuh tetapi juga meluluhlantakan seisi kebun,” paparnya.

 

Teks : Junaedi Abdillah/Nofriyadi(MG)

EDITOR: SARONO P SASMITO





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster