Logistik Pilpres Mulai Didistribusikan

 290 total views,  2 views today

Logistik Pilpres OKI siap untuk didistribusikan)

Logistik Pilpres OKI siap untuk didistribusikan)

KAYUAGUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat mulai mendistribusikan logistik pemilihan presiden dan wakil presiden RI yang akan dilaksanakan 9 Juli mendatang ke seluruh KPUD kabupaten/kota di Tanah Air. Tinta merupakan logistik yang kali pertama didistribusikan.

Untuk di KPUD OKI, Kamis (12/6) pagi, penyelenggara utama pemilihan presiden dan wakil presiden RI di Bumi Bende Seguguk ini telah menerima tinta yang dimasukkan ke dalam 9 kardus.  Setiap kardus yang berisi 400 botol tinta itu sudah disimpan di Sekretariat KPUD OKI.

“Jadi tinta yang ada di KPUD OKI sebanyak 3 640 botol. 3 600 botol di dalam 9 kardus, 40 botol di dalam kardus kecil. Jumlah ini sudah mencukupi untuk keperluan Pilpres nanti,”kata Ketua KPUD OKI Dedi Irawan SIP MSi didampingi Idham Khalik SE selaku Ketua Divisi Logistik kemarin.

Dirincikan Dedi, setiap TPS nantinya akan menerima 2 botol tinta. Jumlah TPS saat Pilpres mendatang yang tersebar di 321 desa/keluarahan di OKI sebanyak 1 329 TPS, jumlah ini menyusut dari jumlah TPS saat Pemilu 9 April lalu yang mencapai 1 835 TPS.

Ketua KPUD OKI menambahkan, saat ini pihaknya masih menunggu kiriman logistik lainnya dari KPU Pusat. Logistik tersebut diantaranya formulir, sampul dan surat suara. Pihaknya berharap semua logistik terutama surat suara agar segera diterima karena akan dilakukan pelipatan.

Lebih jauh dikatakannya, untuk Pilpres mengalami penambahan jumlah mata pilih yang masuk di Daftar Pemilih Tetap (DPT). Bila sebelumnya mata pilih yang ada di DPT saat Pemilu hanya 539 187, kini saat Pilpres jumlahnya bertambah menjadi 556 137 mata pilih.

Mengenai persiapan dan pelaksanaan Pilpres di OKI agar berjalan langsung, umum, bebas dan rahasia (Luber), jajaran KPUD OKI sudah menginstruksikan seluruh petugas PPK di 18 kecamatan, PPS di kelurahan/desa dan KPPS di setiap TPS agar bekerja maksimal dan tidak memihak kepada pasangan calon tertentu.

Terpisah, Ketua Panwaslu OKI M Fachruddin SH mengatakan, pihaknya siap mengawal semua proses tahapan Pilpres di Kabupaten OKI. Sama halnya dengan KPUD OKI, Panwaslu OKI juga sudah menginstruksikan seluruh Panwascam di kecamatan dan PPL di kelurahan/desa agar bekerja sesuai prosedur.

 

TEKS    : DONI AFRIANSYAH 

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster