Jelang Puasa, Pedagang Petasan Marak

12 total views, 3 views today

Ilustrasi Petasan

Ilustrasi Petasan

PAGARALAM – Menjelang Bulan Suci Ramadhan 1435H/2014M yang tinggal beberapa hari lagi, mulai marak terdengar suara petasan dimana-mana. Tradisi meledakkan petasan itu tampaknya masih terus terjadi, padahal bulan Ramadhan saja masih belum tiba. Para pedagang petasan pun mulai menjamur disejumlah sudut kota. Mereka menggelar dagangannya sejak pagi hingga malam hari, berharap memperoleh keuntungan yang lumayan dari kegiatan yang dinilai sangat berpotensi mengganggu kenyamanan tersebut.

“Berjualan petasan dan kembang api merupakan binis yang menjanjikan. Karena hasilnya sangat lumayan menjelang awal-awal bulan puasa ini,” kata Jojon, salah seorang pedagang petasan di kawasan Pagaralam Square, kemarin (12/6).

Menurutnya, petasan ini ia didapatkan dari pesanan temannya  yang berada di Jawa. “Ada pula yang langsung memesan dari Indramayu atau daerah lain,” sebutnya.

Disinggung apakah tidak takut dirazia petugas, dengan nada santai ia mengatakan setiap tahun sudah biasa berjualan petasan. Namun jika ada razia, sejumlah pedagang cepat-cepat menyimpan barangnya atau menutup dagangannya.

“Sebelum akan dilakukan razia, biasanya kami sudah mendapat informasi bakal akan diadakan razia,” kata Jojon dengan nada begitu santai.

Serupa dikatakan Yudi, pedagang lainnya menuturkan, jualan petasan menjelang bulan puasa begitu  ramai pembeli. Apalagi saat ini memasuki masa panen, tentunya bagi pedagang petasan bakal meraih keuntungan yang banyak. “Kami sudah biasa berjualan petasan menjelang bulan puasa,” jelasnya seraya berujar tradisi meledakan petasan merupakan hal yang biasa dalam menyambut bulan Ramadhan.

Menyikapi maraknya pedagang petasan menjelang bulan ramadhan kali ini, Kepala Sat Pol PP Kota Pagaralam, Drs Bhakti Nadjamudin menegaskan, sejauh ini memang belum ada razia yang dilakukan terkait maraknya pedagang petasan.  Namun, tidak  menutup kemungkinan akan segera dilakukan agar umat muslim yang tengah menjankan saumnya dapat nyaman dan tenang.

“Pastinya kita akan berkoordinasi terlebi dahulu dengan sejumlah pihak. Biasanya menjelang ramadhan kita sering melakukan razia dan penertiban gabungan bersama instansi terkait seperti Disperindag, Dinkes, TNI/Polri,” kata Bhakti.

Terpisah, Kapolres Pagaralam AKBP Saut P Sinaga SIK mengatakan, menjelang ramadhan kali ini dihimbau agar masyarakat dapat menjaga ketertiban termasuk pula bagi yang memainkan petasan dapat memahami hal itu.

“Jika hal itu dinilai mengganggu kenyamanan, tentu saja akan ditertibkan,” tegas Saut seraya berujar kita lihat saja nanti tindakan seperti apa yang akan kita lakukan.

 

TEKS   : ANTONI STEFEN

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com