Jelang Puasa Kebutuhan Pokok Mulai Naik

 371 total views,  2 views today

Ilustrasi Sembako |Dok KS

Ilustrasi Sembako |Dok KS

PALEMBANG – Jelang bulan puasa, sejumlah kebutuhan bahan pokok mulai mengalami kenaikan. Seperti di Pasar Km 5 harga beras mengalami kenaikan sebesar Rp 1000 hingga Rp 3000.

“Yang dulunya harga beras bermerek Selancar dijual dengan Rp 170 ribu per 20 kg, saat ini menjadi Rp 173 ribu, telur ayam Rp 16 ribu menjadi Rp 18 ribu per kg, dan bawang merah Rp 22 ribu menjadi Rp 25 ribu,” kata Yatik salah satu pedagang di Pasar Km 5 Palembang, Kamis (12/6).

Kenaikkan harga sudah menjadi trend saat menjelang bulan puasa. Jadi antara pembeli dan penjual tidak heran dengan kenaikan harga kebutuhan pokok tersebut. “Kemungkinan harga akan naik lagi pada saat bulan puasa, hal ini karena permintaa akan meningkat dari hari biasanya,” katanya.

Senada dengan Arif, pedagang sembako di Pasar Sekip Ujung, mengungkapkan, harga kebutuhan pokok jelang bulan puasa ini sudah naik sekitar 10 persen. “Hampir semua kebutuhan seperti , minyak goreng, telor, gandum, bawang, dan kebutuhan lainnya mengalami kenaikan,” ujarnya.

Sedangkan Atun, pedagang Sembako di Pasar Kuto, mengatakan, jelang puasa pasti kebutuhan bahan pokok pasti mengalami kenaikan, dia berharap kepada pemerintah agar dapat memperhatikan kondisi yang terjadi setiap tahun ini. “Kalau semua barang naik, penghasilan akan berkurang karena banyak konsumen yang belanja barangnya sedikit-sedikit,” katanya.

Sementara itu, Wati salah seorang ibu rumah tangga, mengatakan, naiknya beberapa bahan pokok di pasaran membuatnya resah, sebab hal ini sangat membebankan bagi kami masyarakat menegah kebawah.

“Dengan harga sekarang ini saja, sudah membuat kita pusing tujuh keliling, apalagi biasanya jelang puasa harga akan mengalami kenaikan hingga dua kalilipat dari sekarang,” ungkapnya.

Sama halnya dengan, Wasiro pedagang nasi gemuk, dirinya terpaksa harus mengurangi stock dagangan. “Beberapa bahan-bahan kebutuhan untuk membuat memasak nasi gemuk kita kurangi, karena harga beberapa kebutuhan mengalami kenaikan,” katanya.

Dia berharap agar pemerintah dapat mengatasi kenaikan harga ini, kalau tidak banyak masyarakat khsusus pedagang seperti kami mengalami penurunan pendapatan dari hasil berdagang.

TEKS : AMINUDDIN
EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster