25 Persen Kendaraan Roda Empat Tak Lulus Uji Emisi

 143 total views,  2 views today

Banyak Tak lulus - Dinas Perhubungan (Dishub) dan Badan Lingkungan Hidup (BLH), melakukan uji emisi gratis terhadap kendaraan roda empat di depan Kambang Iwak (KI), Palembang, Kamis (12/6).  Hasilnya, puluhan kendaraan roda tidak lulus uji emisi. Foto : Bagus Kurniawan/KS

Dinas Perhubungan (Dishub) dan Badan Lingkungan Hidup (BLH), melakukan uji emisi gratis terhadap kendaraan roda empat di depan Kambang Iwak (KI), Palembang, Kamis (12/6). Hasilnya, puluhan kendaraan roda tidak lulus uji emisi. | Foto : Bagus Kurniawan/KS

PALEMBANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Perhubungan (Dishub) dan Badan Lingkungan Hidup (BLH), melakukan uji emisi gratis terhadap kendaraan roda empat di depan Kambang Iwak (KI), Palembang, Kamis (12/6).  Hasilnya, puluhan kendaraan roda tidak lulus uji emisi.

Kepala Dishub Palembang, Masripin Toyib mengatakan, program transportasi ramah lingkungan tengah digalakkan di Palembang. Menurutnya, Dishub akan menerapkan kendaraan ramah lingkungan “Dalam satu tahun, kita melakukan tiga kali tahap uji emisi. Ini sesuai moto Wali Kota Palembang, untuk wujudkan lingkungan yang hijau dan sejuk tanpa polusi,” terangnya.

Masripin menjelaskan, kendaraan yang berbahan bakar premium atau pertamax akan dilihat terlebih dahulu tahun pembuatannya. Jika produksi kendaraan itu dibawah tahun 2007, kadar standar layak uji emisinya memiliki CO 4,5, HC (ppm) 1.200.

Sementara untuk kendaraan diatas 2007,  standar layak uji emisinya CO 1,5 dan HC (ppm) 200. “Untuk kendaraan berbahan bakar solar, standar layak uji emisi opasitasnya untuk kendaraan di bawah tahun 2010 harus 70 persen. Sementara diatas 2010, harus 40 persen,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pengawasan dan Pengendalian Operasional, Dishub Palembang, Isranedy menambahkan, dalam uji emisi tersebut, ada ratusan kendaraan yang diperiksa uji emisinya.

Menurutnya, jumlah kendaraan yang diperiksa emisinya ini meningkat jika dibandingkan pada kegiatan yang sama pada tahun lalu. “Kita menargetkan ada 650 kendaraan yang diperiksa emisinya, namun jumlahnya mencapai 701 kendaraan. Dari uji emisi itu, ada 25 persen kendaraan yang tidak lulus uji emisi. Mereka kita sarankan, untuk membawa kendaraanya ke bengkel,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster