Pelebaran Jalan Terkendala Utilitas

 663 total views,  2 views today

PALEMBANG – Sudah dua tahun, rencana pemerintah kota (Pemkot) Palembang untuk melebarkan jalan di ruas Jalan Pipa Reja, terhambat. Pasalnya, di kawasan tersebut terdapat utilitas berupa pipa minyak milik PT Pertamina.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga (BM) dan Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Kota Palembang, Dharma Budi mengatakan, pelebaran di dua jembatan di Jalan Pipa Reja, sudah direncanakan sejak dua tahun lalu.

Namun sampai sekarang, pekerjaan tidak bisa dilaksanakan karena Pertamina belum mau memindahkan jalur pipa yang berada di sisi jembatan. “Kami sudah melakukan komunikasi dengan Pertamina, namun sampai sekarang pipa tersebut belum dipindahkan,” kata Dharma belum lama ini.

Ia menjelaskan, tahun lalu, Dinas PU BM dan PSDA Kota Palembang bersama Dinas PU Sumsel, sudah meminta Pertamina memindahkan pipanya yang berada di sisi jembatan tersebut. “Namun, Pertamina tidak dapat memindahkan pipanya karena alasan birokrasi dan anggaran yang harus di pemerintah pusat,” bebernya.

Padahal terang Dharma, pelebaran jalan dan jembatan tersebut bertujuan untuk mengatasi kemacetan pengerjaan proyek underpass di Simpang Patal. Karena jalan tersebut, sering di jadikan jalan alternatif bagi pengguna jalan yang menghindari kemacetan di Jalan R Soekamto. “Kalau pelebaran jembatan tidak kita lakukan, kemacetan parah juga terjadi di Jalan Pipa Reja tersebut, karena kondisi jembatan hanya cukup dilintasi satu mobil,” jelasnya.

Untuk mengurai kemacetan, ia berharap, Pertamina dapat memberikan kejelasan dan kerjasama sebaik mungkin. Hal ini karena kemacetan di Kota Palembang, sudah cukup parah dan pelebaran jalan di Pipa Reja, sudah sangat mendesak. “Jika Pertamina dapat memindahkan pipanya, maka pengerjaan akan langsung kita lakukan,” janjinya.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Palembang, Musliman mengatakan, dewan terlebih dahulu akan berkoordinasi dengan instansi terkait, untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Sehingga proyek pelebaran jalan itu terangnya, dapat segera dilakukan, karena hal tersebut dilakukan untuk kepentingan masyarakat juga.

“Kami akan koordinasikan dahulu, kami belum ada pemberitahuan soal itu. Yang pasti kami akan panggil dinas terkait dan Pertamina. Jangan sampai Pertamina menghambat-hambat,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster