Bertambah 100.757 Orang, DPT Sumsel 5.865.025 Pemilih

 243 total views,  2 views today

Daftar Pemilih Tetap (DPT)

Daftar Pemilih Tetap (DPT)

PALEMBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel), Rabu (11/6), menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Sumsel untuk Pemilihan Presiden (Pilpres), 9 Juli mendatang. Penetapan DPT Pilpres Sumsel ini, dilakukan melalui rapat pleno di Aula KPU Sumsel, Jalan Pangeran Ratu Jakabaring, Palembang.

Ketua KPU Sumsel, Aspahani yang dibincangi usai rapat pleno penetapan DPT Pilpres menyebut, jika dibandingkan dengan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg), 9 April lalu maka jumlah pemilih di Sumsel untuk Pilpres mendatang bertambah sebanyak 100.747 pemilih.

Di Pileg lalu, jumlah pemilih yang masuk dalam DPT sebanyak 5.764.278 pemilih. Sementara di Pilpres, dalam DPT yang ditetapkan jumlah pemilih sebanyak 5.865.025 orang. “DPT yang kita tetapkan ini, adalah tindaklanjut dari DPT yang sudah ditetapkan oleh KPU kabupaten dan kota di Sumsel sebelumnya,” terang Aspahani, kemarin.

Ia menerangkan penambahan jumlah pemilih di Sumsel ini, dimungkinkan karena adanya warga yang sudah memasuki usia 17 tahun atau memiliki hak pilih. Ia menambahkan, DPT provinsi ini selanjutnya kata Aspahani, akan dibawa ke KPU RI untuk digabungkan bersama DPT dari provinsi lain. Penetapan DPT secara  nasional sendiri, akan dilakukan pada 13 Juni mendatang oleh KPU RI.

Apakah jumlah pemilih ini, masih akan berubah ? menurut Aspahani, perubahan DPT tersebut sulit terjadi. “Tetapi, kalau ada perubahan itu sifatnya penyempurnaan yang disebabkan adanya invalid data di kabupaten dan kota di Sumsel,” tukasnya.

 

TEKS              : DICKY WAHYUDI

EDITOR          : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster