Belasan Kali Mangkir Paripurna, Teguran BK Diabaikan

 213 total views,  2 views today

 

Ilst. DPR

Ilst. DPR

EMPAT LAWANG – Dua oknum anggota DPRD Empat Lawang, tercatat sudah belasan kali mangkir mengikuti rapat paripurna. Kendati sudah dua kali diberikan terguran oleh Badan Kehormatan (BK), keduanya terkesan masih mengabaikan.

Oknum wakil rakyat tersebut berinisial JO dan YE itu, disinyalir pasca Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Empat Lawang lalu atau sekitar April 2013, sudah tidak aktif lagi mengikuti rangkaian kegiatan DPRD seperti reses, paripuran dan kunjungan kerja. Kondisi ini menuai pertanyaan, bahkan ada kesan BK DPRD Empat Lawang, kurang tegas.

Ketua BK DPRD Empat Lawang, Fadil Said ketika dikonfirmasi tak menampik kebenaran informasi itu. Namun Fadil membantah pihak tidak tegas melaksanakan tugas, hanya saja memang keduanya, belum menanggapi teguran disampaikan.  “Sudah dua kali kita tegur secara lisan tapi terkesan diabaikan,” ungkap Fadil dibincangi Kabar Sumatera, Rabu (11/6).

Kata Fadil, dalam waktu dekat BK akan berkoordinasi dengan unsur pimpinan DPRD, guna menyampaikan surat ke parpol kedua anggota DPRD tersebut. Sebab, meskipun sudah di akhir jabatan sudah seharusnya wakil rakyat melaksanakan tugas.

Sanksi ? menurutnya, itu kewenangan fraksi dan parpol masing-masing. Namun kata Fadil, memasuki akhir masa jabatan, bisa saja ada kebijakan dari parpol. Tapi bisa saja ada alasan tersendiri terkait masalah ini. “Harusnya ada di diri anggota DPRD itu, tak usah ada teguran tinggal kesadaran menjalankan tugas secara profesional,” ujarnya.

Sementara itu Sekretaris DPRD Empat Lawang, Mulyadi Marik memastikan setiap ada kegiatan dewan terutama paripurna, undangan secara resmi dan komunikasi via telephone dan short message service (SMS) sudah disampaikan. Tapi mungkin kata dia, ada alasan tersendiri kenapa masih saja beberapa anggota DPRD mangkir tugas.

Dia mengakui, hampir setiap paripurna banyak kursi DPRD kosong. Bukan hanya dua orang mangkir, bukan juga cuman di Empat Lawang kondisi ini terjadi. “Mungkin di akhir jabatan ini pengaruhnya, apalagi banyak anggota dewan tidak terpilih lagi di pemilu 2014 lalu,” jelas Mulyadi seraya berharap kedepan anggota DPRD Empat Lawang bisa lebih aktif, karena ini menyangkut nama baik sebagai wakil rakyat.

 

TEKS              : SAUKANI

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster