Akhir Juni Jalur Mudik Rampung

 216 total views,  2 views today

Para pekerja sedang mengerjakan persiapan pengecoran jalan Teluk Lubuk - Talang Ubi

Ilustrasi Proyek Pelebaran Jalan | Dok KS

PALEMBANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) dan Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) III Sumbagsel, memastikan seluruh ruas jalan baik nasional maupun provinsi yang akan dilalui untuk jalur mudik akan segera rampung akhir Juni.

Kepala Dinas PU Bina Marga (BM) Sumsel, Rizal Abdullah mengatakan, setiap jalur mudik nantinya ditargetkan mampu dilalui kendaraan dengan jarak tempuh 100 kilometer, dalam waktu dua jam.

“Jadi, baik di Jalintim, Jalinteng, dan jalur alternatif lain akan kita perbaiki semua. Meski sempat terjadi pemotongan anggaran, itu tak akan terlalu mengganggu pengerjaan yang ada,” kata Rizal kepada wartawan di Kantor Gubernur Sumsel, Rabu (11/6).

Ia berjanji akan menekan kontraktor, yang mengerjakan jalur tersebut untuk bergerak cepat. Hal itu dilakukan, guna meminimalisir kemacetan yang mengintai para pemudik. “Memang baru ada beberapa jalan provinsi yang mulai perbaikan, bukannya untuk akhir tahun tapi yang kita incar sebelum lebaran,” tegas Rizal.

Sementara itu, Kabid Perencanaan BBPJN III, Juni Wahyudiono menambahkan, jalan nasional dipastikan sudah siap. Pasalnya, sejak awal pihaknya memang sudah melakukan pengerjaan di beberapa titik yang mengalami kerusakan.

“Kita targetkan secara fungsional yakni sebelum lebarang bukannya pada akhir masa kontrak. Jadi bisa dipastikan pada akhir Juni mendatang, jalan yang rusak sudah diperbaiki semuanya,” cetus Juni.

Menurut Juni, target tersebut memang sesuai dengan yang direkomendasikan oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian PU. Dimana mereka meminta sebelum memasuki Juli, jalan sudah benar-benar bisa digunakan.

“Kita abaikan isu pemotongan anggaran, paling tidak jalan yang berlobang kita tutupi agar tak rusak. Saat ini, dari 1440 kilometer jalan nasional di Sumsel, tinggal 10 persennya saja yang rusak,” tukasnya.

 

TEKS              : IMAM MAHFUZ

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster