Kodim 0403 akan Perketat Pengamanan di Daerah Rawan Konflik

 224 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

BATURAJA – Komando Distrik Militer (Kodim) 0403 Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), akan memperketat pengamanan di OKU khususnya di daerah rawan konflik menjelang pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres), 9 Juli mendatang.

Di daerah-daerah rawan konflik tersebut menurut Komandan Kodim 0403 OKU, Letkol Inf Imanulhak, akan menerjunkan anggota TNI guna melakukan pengamanan. “Kami telah mempetakan daerah rawan potensi konflik, seperti daerah perbatasan. Kita akan siagakan personil TNI disana,” kata Imanulhak saat dibincangi, Selasa (10/6).

Menurutnya, Kodim 0403 OKU akan menerjunkan 80 personilnya untuk mengamankan daerah rawan konflik tersebut saat pelaksanaan Pilpres. Namun TNI sebutnya, akan berkoordinasi dengan Kepolisian Resort (Polres) dalam pengamanan terutama untuk penindakan terhadap pelaku-pelaku kriminalitas.

“Personil yang kami terjunkan tersebut, akan memback up tiga kabupaten yakni Kabupaten OKU, OKU Timur dan OKU Selatan. Tentunya, kami sifatnya hanya memback up kepolisian,” ucapnya.

Pengamanan ini terangnya, sesuai dengan instruksi Panglima Daerah Militer (Pangdam) II Sriwijaya. Pola pengamanannya sebut dia, dilakukan sama seperti Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) lalu.

Ia juga memastikan, aparat TNI di lingkungan Kodim 0403 OKU akan netral dalam pelaksanaan Pilpres. Jika ada personilnya yang terlibat dalam politik praktis, maka akan diberikan sanksi tegas.  “Sesuai dengan instruksi Panglima TNI, jika ada personil yang ketahuan terlibat dalam politik maka akan dipecat,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga menghimbau semua masyarakat untuk berpartisipasi menjaga keamanan dan ketertiban guna kelancaran pelaksanaan Pilpres. “Dukungan masyarakat, sangat kita harapkan untuk menjaga keamanan dan ketertiban agar pelaksanaan pilpres berjalan lancar,” tukasnya.

 

TEKS              : MUSLIM

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster