Dewan Ingin Ada Mal di Prabumulih

 613 total views,  2 views today

Gedung Pemerintahan Kota Prabumulih

Ilustrasi Gedung Pemerintahan Kota Prabumulih | Dok KS

Sebagai salah satu daerah yang berstatus kota, DPRD Prabumulih menilai kota tersebut sudah mendesak ada mal. Keberadaan pasar modern tersebut, selain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat juga untuk menggaransi eksistensi Prabumulih sebagai salah satu daerah berstatus kota di Sumsel yang mengandalkan jasa dan perdagangan sebagai sektor utama.

Karenanya menurut anggota Komisi III DPRD Prabumulih, Iskandarno, Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih, harus segera mencari investor yang bersedia menanamkan modalnya untuk membangun pusat perbelanjaan di Prabumulih.

Menurut Iskandarno, secara geografis Prabumulih adalah kota perlintasan untuk menuju kabupaten dan kota lain di Sumsel. Prabumulih juga sebutnya, adalah daerah penyangga bagi ibu kota Sumsel,  Palembang.

“Sehingga, sudah selayaknya Prabumulih memiliki pusat perbelanjaan modern atau mal. Apalagi masyarakat sudah banyak, dan sudah lama mendambakan keberdaan mal untuk mencukupi kebutuhan hidup,” ucapnya.

Iskandarno berpendapat, dengan berdirinya mal maka akan ada beberapa keuntungan bagi Prabumulih. Selain membantu masyarakat yang tinggal di Kota Prabumlih dan sekitarnya, Pemkot Prabumulih, juga bisa memperoleh tambahan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi pajak.

“Selama ini masyarakat Kota Prabumulih, rela jauh-jauh ke Palembang atau untuk memenuhi kebutuhan mereka. Jika mal ini berdiri di Prabumulih, ini juga bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat,” ujarnya.

Hal senada juga disampai anggota Komisi III DPRD Prabumulih lainnya, Adi Susanto. Menurutya, keberadaan mal di Kota Prabumulih berpotensi bisa angka pengangguran. Karenanya dewan mendesak pemkot segera mencari investor, yang bersedia membangun mal.

“Pemkot kalau perlu jangan hanya menunggu investor yang datang, tetapi harus jemput bola. Berikan penawaran ke sejumlah investor, mengenai peluang bisnis di Prabumulih, dan apa kemudahan dan keuntungan yang mereka peroleh jika berinvestasi di Prabumulih,” sarannya.

Dengan cara itu ia yakin, akan ada investor yang menanamkan uangnya. “Tetapi ini juga harus diikuti dengan memberikan kemudahan perizinan, jaminan keamanan dan ketersediaan lahan,” tukasnya.

 

TEKS              : IRSAN MATONDANG

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster