Ceritakan Perkembangan Palembang Dalam Pawai Budaya

 225 total views,  2 views today

Ilustrasi | Dok KS

Ilustrasi | Dok KS

PALEMBANG – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Palembang yang ke-1331, sebanyak 1.500 orang akan lakukan pagelaran budaya Palembang. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dispudpar) Palembang, Yanuarpan mengatakan, peserta budaya tersebut berasal dari perwakilan dari 16 Kecamatan di Palembang.

Nantinya terang Yanuarpan, masing-masing kecamatan akan mengirim perwakilan. Selain itu, ada perwakilan dari luar Kota Palembang. “Nanti, mereka akan melakukan pawai dan promosi budaya. Konsepnya, menceritakan perkembangan Palembang mulai dari era Kerjaan Sriwijaya sampai saat ini,” terang Yanuarpan yang dibincangi usai rapat persiapan HUT Palembang di Gedung Prameswara, Setda Palembang, Selasa (10/6).

Ia menyebut, pawai budaya itu akan digelar 15 Juni mendatang. Pawai ini menurut Yanuarpan, penting sebagai pengetahuan masyarakat. “Pawai ini akan dimulai dari pukul 14.00 WIB, dengan pusat kegiatan di Museum SMB II, Benteng Kuto Besak (BKB),” bebernya.

Ditanya soal antisipasi kemacetan, ketika acara berlangsung, Yanuarpan menjawab, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Palembang untuk menetapkan rute-rute yang akan dilintasi.

“Adapun rute yang akan digunakan untuk pawai budaya ini, start dari Museum SMB II menuju ke arah BKB, kemudian akan ada atraksi di panggung kehormatan dengan waktu lima menit. Setelah itu menuju Jalan Rumah Bari dan mengarah ke Monpera, kembali ke Museum SMB II,” bebernya.

Yanuarpan menambahkan, dalam kegiatan seni yang akan ditampilkan dalam pawai tersebut seperti Sarofal Anam, Barongsai, Reog Ponorogo, Tanjidor, Pencak Silat dan kesenian lainnya. “Kita ingin, HUT Palembang kali ini lebih meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya,” ucapnya.

Sementara itu, Asisten II Bidang Perekonomian Setda Palembang, Hardayani mengatakan, peringatan HUT Palembang ke-1331, merupakan peringatan HUT Palembang pertama di era kepemimpian Wali Kota Palembang, Romi Herton. “Karenanya wali kota ingin, HUT Palembang lebih meriah. Sehingga masyarakat ikut menikmati, acara tersebut,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster