BNI dan Pemkab Muara Enim Jalin Kerja Sama Kembangkan UMKM

 233 total views,  2 views today

Pemberdayaan UMKM- Seketaris Daerah (Sekda) Muara Enim, Taufik Rahman saat memberikan kata sambutannya didepan petinggi-petinggi Bank BNI dan Bank Indonesia dalam perjanjian kerja sama Bank Negara Indonesia Wilayah Palembang dengan Pemerintah Kabupaten Muara Enim, untuk pemberdayaan UMKM di kabupaten tersebut. Selasa (10/6/2014) | Foto : Iwan Cheristian/KS

Seketaris Daerah (Sekda) Muara Enim, Taufik Rahman saat memberikan kata sambutannya didepan petinggi-petinggi Bank BNI dan Bank Indonesia dalam perjanjian kerja sama Bank Negara Indonesia Wilayah Palembang dengan Pemerintah Kabupaten Muara Enim,  Selasa (10/6/2014) | Foto : Iwan Cheristian

PALEMBANG – Bank Negara Indonesia Wilayah Palembang menandatangani perjanjian kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Sumsel, untuk pemberdayaan UMKM di kabupaten tersebut.

Kepala BNI Kanwil Palembang Siwi Peni mengatakan, pihaknya menyambut baik kerja sama pemberdayaan UMKM tersebut. Apalagi Muara Enim sebagai Kabupaten yang sangat luas dapat menjadi market bagi Bank BNI dalam memperluas jaringan khususnya di bidang UMKM.

“Salah satu kendala perbankan untuk membiayai UMKM adalah sulitnya mengakses usaha itu sehingga acara seperti ini membantu bank dalam mendapat pelaku usaha yang hendak dibiayai,” katanya saat penandatanganan kerja sama BNI Palembang dan Pemkab Muara Enim di Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Wilayah VII Palembang, Selasa (10/6).

Lanjut Siwi, dalam kerja sama ini nantinya BNI akan membantu pembiayaan kepada pelaku UMKM di Muara Enim sehingga usahanya bisa berkembang. “Apalagi saat ini Bank BNI sendiri sudah memiliki outlet yang tersebar di luar negeri, jadi para pelaku UMKM tidak perlu takut untuk memasarkan produknya,” katanya.

Adapun kredit yang ditawarkan oleh Bank BNI, seperti kredit kemitraan untuk usaha mikro dan KUR untuk usaha menengah.

Menurut dia, BNI telah menjalankan program pengembangan UMKM dengan membentuk kampung tenun di Kecamatan Indralaya, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumsel.

Sementara itu, menurut Bupati Muaraenim Muzakir Sai Sohar yang diwakili oleh Seketaris Daerah (Sekda) Muara Enim, Taufik Rahman mengatakan,  dengan kerjasama Implementasi Program Gerbang Serasan antara Pemkab Muara Enim dan Kanwil PT BNI (Persero Tbk ini diharapkan dapat mengatasi kemiskinan di Kabupaten Muara Enim.

“Dilihat dari administrasi wilayah Kabupaten Mauara Enim memiliki luas wilayah mencapai 7.300 KM2, dengan jumlah penduduk 581.600 jiwa.

Apalagi sebagian besar penduduk 55,6 persen bekerja di sektor primer, 11 persen bekerja disektor sjunder, dan 33,4 persen bekerja di sektor tersier,” katanya.

Untuk penanggulangan kemiskinan ini, Pemerintah Kabupaten Muara Enim telah melakukan terobosan dan inovasi program strategis yaitu progran Gerbang Serasan (gerakan pembangunan melalui pemberdayaan masyarakat di bumi serasan sekundang) yang telah dilaksanakan sejak tahun 2001.

“Sejak program Gerbang Serasan ini ditetapkan pada 2001, sudah dapat menyalurkan kredit kepada UMKM sebesar Rp 32,50 milyar dengan debitur sebanyak 6.921 UMKM di Muara Enim. Dan pada tahun 2009-2013 total realisasi kredit mencapai Rp 87,786 milyar yang dapat memberayakan 2.517 UMKM dan Koperasi,” katanya.

Dengan kerjasama ini diharapkan dapat mengatasi kemiskinan dari bumi Serasan Sekundang Kabupaten Muara Enim.

 

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster