Angka DPT Pilpres di OKI 556.137

 301 total views,  2 views today

Ilustrasi DPT

Ilustrasi DPT

KAYUAGUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) telah menetapkan Daftar pemilih Tetap (DPT) untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, 9 juli mendatang, sebanyak 556.137 orang, saat ini KPU sedang masuk pada tahapan pendataan Daftar Pemilih khusus (DPK) yakni daftar pemilih yang tidak masuk dalam DPT.

Hal ini diungkapkan ketua KPU OKI, Dedi Irawan,  bahwa KPU OKI sudah menetapkan DPT pilpres sebanyak 556.137, jumlah ini bertambah dibandingkan DPT Pileg April yang lalu sebanyak  539.187.

“Saat ini kita sedang melakukan pendataan DPK mulai tanggal 5 Juni- 1 Juli mendatang, bagi yang tidak masuk dalam DPT akan didata di DPK, jadi nanti pemilih yang tidak masuk DPT tetapp bisa nyoblos dengan membawa KTP,” terangnya.

Penetapan DPT ini kata Dedi merupakan salah satu tahapan persiapan pilpres di kabupaten OKI,Tahapan pelaksanaan Pilpres merujuk Peraturan KPU (PKPU) Nomor 4 Tahun 2014 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Pemilu Presiden dan Wakil Presiden. Untuk tahap pelaksanaan Pilpres terdiri dari 11 program, Tahapan pelaksanaan diawali dengan penyusunan daftar pemilih Pilpres.

“Sebelumnya kita   sinkronisasi DPT Pileg yang statusnya menjadi DPS Pilpres dengan daftar pemilih tetap tambahan (DPTb), daftar pemilih khusus (DPK), daftar pemilih khusus tambahan (DPKTb) dan pemilih pemula setelah Pileg, Setelah itu baru bisa ditetapkan DPT OKI sebanyak 556.137 pemilih,”jelasnya.

Untuk melakukan pendataan DPK saat ini KPU masih terus berkoordinasi dengan disdukcapil OKI.

“Koordinasi dengan capil terus kita lakukan untuk mendata jumlah DPK, terakhir pada tanggal 1 Juli nanti baru kita tahu berapa banyak DPK sesuai data dari dukcapil,” ungkap Dedi.

Selanjutnya terang Dedi KPU mempersiapkan logistik Pilpres, menurutnya logistik yang sangat penting itu pengadaanya dilakukan oleh KPU pusat. Seperti surat suara, sampul, formulir dan sebagainya.

“Kita berharap logistik itu tidak terlambat dikirim ke KPU kabupaten,” harapnya.

Ketua panwaslu OKI M Fahrudin, mengatakan bahwa memang pihaknya sudah menyaksikan KPU menetapkan jumlah DPT pilpres.

“Meski demikian jumlah DPT itu bisa saja bertambah, dengan adanya data DPK, kita berharap KPU bisa terus berkoordinasi dengan capil untuk mendata jumlah pemili dalam pilpres mendatang,” tambahnya.

 

TEKS:DONI AFRIANSYAH

EDITOR:RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster