164 Siswa Kurang Mampu Ikuti Tes Bidiksiba

 1,068 total views,  2 views today

tes-tertulis

tes-tertulis

MUARAENIM – Sebanyak 164 siswa dari keluarga kurang mampu, bersaing mengikuti tes program beasiswa Bidiksiba (Biaya Pendidikan Mahasiswa Bukit Asam), yang digelar oleh PT Bukit Asam (Tbk) Persero dengan Politeknik Universitas Sriwijaya (Polsri), di SMA Bukit Asam Tanjungenim, Muaraenim, Senin (9/06).

Juliana, Ketua Tim Bidiksiba 2014, yang didampingi Sekretaris Yusril Alamsyah, mengatakan, tujuan tes ini untuk menjaring siswa dari keluarga yang kurang mampu dari ring I (satu) PTBA, dan mempunyai kemampuan akademik mumpuni.

Pada saat pendaftaran ada 202 peserta, setelah diseleksi sesuai dengan kriteria, yang dinyatakan lulus seleksi administrasi ada 167 siswa. Seiring berjalan waktu, ternyata ada tiga siswa yang mengundurkan diri karena lulus SMPTN sehingga tinggal 164 siswa.

Dari 164 siswa tersebut, hanya diambil 20 siswa kuota PTBA. Para peserta, kata Juliana, awalnya didapat dari data dari Kelurahan/Desa masing-masing yang menyatakan jika siswa tersebut benar berasal dari keluarga yang kurang mampu.

Salah satu kriterianya adalah standar orangtuanya yang memiliki penghasilan di bawah UMR Kabupaten Rp 1.920.000 untuk pertambangan atau penghasilan dibagi peranggota keluarga tidak lebih dari Rp 380 ribu perbulan.

Jika seandainya siswa yang lulus, ketika dilakukan verifikasi ulang di lapangan ternyata data yang diberikan tidak sesuai alias mampu, maka pihaknya bisa membatalkan beasiswa tersebut. Untuk program Bidiksiba sudah dimulai sejak tahun 2010, ke berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia dari jenjang D III hingga S-1.

Untuk tahun 2014, pihaknya sengaja memilih D III Polsri, dengan harapan siswa lebih cepat selesai dan bekerja untuk meningkatkan taraf kehidupan keluarganya. “Kita sudah kirim siswa tidak mampu ke IPB, Unsri, dan lain-lain. Dan kedepan tidak menutup kemungkinan ke PT lain, tergantung kebutuhan dan laba yang diraih oleh PTBA,” tukas Juliana.

Ketua Panitia Seleksi penerimaan Mahasiswqa Baru-Bidiksiba Polsri H (SPMB-BP) Firdaus, mnengatakan pengawas dari Polsri yang diturunkan sebanyak 18 orang dengan menggunakan sembilan ruangan.  Dimana, masing-masing ruangan akan diawasi oleh dua orang. Adapun untuk materi yang diujikan dibagi dua yakni tes bakat skolastik (TBS) sebanyak 50 persen dan tes kemampuan akademik 50 persen.

“Untuk pasing gread (standar penghitungan) akan lihat dari nilai tertinggi. Kemudian dalam pembuatan bobot soal dan mengkoreksi dilakukan sendiri oleh Polsri. Lalu untuk pengumuman kelulusan pada tanggal 20 juni 2014,” ujarnya.

Firdaus yang Pudir I Polsri, mengatakan tahun 2014, Polsri menerima 1.920 siswa yang terbagi dalam 20 program studi dan sembilan jurusan. Program D III sebanyak 11 program studi dan sarjana terapan ada sembilan program studi. Pihaknya berharap, seluruh kuota tersebut bisa terpenuhi dan program bidiksiba ini bisa terus berlanjut. “Kita sangat apresiasi program Bidiksiba ini, karena sangat sejalan dengan program Bidik Misi milik pemerintah,” tukasnya.

Ditambahkan Senior Manager (SM) CSR PTBA Yansir Naning, PTBA sangat komitmen untuk kemajuan pendidikan sehingga alokasi dana kepedulian sosial (CSR) selalu dianggarkan cukup besar setiap tahunnya. Program Bidiksiba ini, memang diprioritaskan untuk masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan (ring I).

Dalam beasiswa kali ini, memang sengaja membidik D.III bukan S1, dengan harapan mereka cepat selesai kuliah dan bekerja sehingga bisa meningkatkan taraf hidup mereka. Sebab siswa yang diberikan beasiswa ini, syaratnya harus dari keluarga tidak mampu. Oleh karena itu, mulai mereka mendaftar di SPMB-BP hingga mereka kuliah seluruh ditanggung oleh PTBA.

“Kita anggarkan Rp 2 miliar untuk tiga tahun. Mulai dari biaya pendidikan, biaya kuliah dan uang buku, biaya hidup dan pemondokan. Siswa hanya menyiapkan fisik dan kemampuan. Bahkan untuk pendaftaran peserta SPMB-BP via internet juga ditanggung oleh PTBA. Jadi mereka hanya siapkan mental dan fisik semata,” tukas Yansir.

 

TEKS : SISWANTO

EDITOR : IMRON SUPRIYADI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster