Pol PP Tertibkan Atribut Pilpres di Jalan Protokol

 260 total views,  2 views today

 

PALEMBANG – Semakin maraknya atribut pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) di sejumlah jalan protokol, membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, gerah.

Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP), memastikan akan menertibkan atribut-atribut kampanye yang terpasang di sejumlah ruas jalan protokol tersebut. Kepala Sat Pol PP Palembang, Tatang DK Direja menyebut, saat ini hasil hasil pantauan Pol PP, ditemukan banyak atribut kampanye di jalan protokol.

Misalnya di Jalan Sudirman, Angktan 45, Merdeka, Kapte A Rivai dan lainnya. “Kami sudah informasikan ke Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), untuk menyampaikan kepada tim pemenangan masing-masing pasangan capres-cawapres, agar menurunkan atribut mereka dari kawasan jalan protokol. Jika tidak, kami yang akan kami tertibkan,” kata Tatang, Senin (9/6).

Menurut Tatang, berdasarkan Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 9 tahun 2009 tentang Keindahan Kota, pemasangan atribut publikasi baik individu, kelompok maupun partai dilarang dipasang di sejumlah kawasan diantaranya jalan protokol, rumah ibadah, tempat pendidikan, pepohonan dan lainnya. “Sudah jelas larangan itu diatur, kami hanya menegakkan aturan, dan mengawal peraturan daerah (Perda),” tegasnya.

Menurut Tatang, Sat Pol PP sebenarnya bingung dengan tindak tanduk tim pemenangan pasangan capres-cawapres. Pasalnya Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang sudah sering melakukan sosialisasi, agar titik-titik larangan pemasangan atribut untuk tidak dilanggar. Tetapi hal tersebut selalu terulang kembali.

“Bahkan, spanduk, maupun billboard capres-cawapres ukuran besar ada yang dipasang di kawasan Bundaran Air Mancur. Itu jelas, sangat menganggu. Setiap kita tertibkan, besoknya dipasang kembali,” keluhnya.

Tatang menyebutkan, dengan adanya penemuan tersebut, pihaknya akan segera melaporkan ke Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Palembang untuk di tindak lanjuti. Karena hal tersebut sudah melanggar aturan. “Yah, akan kami serahkan ke Panwaslu, mereka yang bisa menindak, dan Panwaslu juga yang bisa memberikan sanksi,” ujarnya.

Tatang menambahkan, pihaknya berharap, semua tim pemenangan capres-cawapres dapat mentaati aturan yang ada. Sehingga keindahan Palembang, tidak akan rusak oleh pemandangan atribut yang dipasang disebarang tempat. “Dalam melakukan eksekusi, kami tidak akan pandang bulu. Semuanya sama, jadi apabila tidak ingin diberikan tindakan, jangan melanggar,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster