Perluasan Tambang PT SB Ditentang

 285 total views,  4 views today

Ilustrasi Tambang | Ist

Ilustrasi Tambang | Ist

BATURAJA – Warga empat desa di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), menentang rencana perluasan tambang batu kapur oleh PT Semen Baturaja (PT SB) di Bukit Plawi. Penolakan itu dilakukan  warga, karena mereka menguatirkan eksploitasi perluasan tambang tersebut akan berdampak negatif bagi warga.

Penolakan warga dari empat desa tersebut yakni Desa Laya, Tanjung Agung, Saung Naga dan Pusar, dilakukan dengan cara memasang spanduk disetiap ruas jalan menuju di Bukit Plawi.

“Spanduk ini, kami pasang sebagai penolakan kami terhadap rencana PT SB, untuk menggarap lahan kami untuk pertambangan,” kata H Rozali, tokoh masyarakat Desa Pusar ketika dibincangi, Selasa (9/6).

Dikatakannya, sebelumnya warga setempat melakukan aksi demo ke pihak perusahaan menolak rencana tersebut. Penolakan tersebut kata dia, karena akan berdampak negatif bagi warga.

“Misalnya, kualitas udara menjadi buruk, lahan dan tanah akan hancur termasuk flora dan fauna serta kesehatan masyarakat terancam. Perluasan tambang oleh PT SB itu, lebih banyak mudoratnya dibandingkan manfaatnya,” ungkapnya.

Ia menegaskan, seluruh warga pemilik tanah termasuk yang bermukim di wilayah itu tidak akan menjual lahan mereka untuk dijadikan tambang, meskipun pihak perusahaan membayar ganti rugi dengan harga tinggi. “Tidak ada gunanya ada uang. kalau kami tanah kelahiran kami hilang dan hancur, karena ledakan di pertambangan batu kapur meretakan beton bangunan rumah,” ungkapnya.

Hal senada diucapkan Safudin (50), warga Desa Laya. Ia menyebut menolak perluasan lahan pertambangan di Bukit Plawi “Debu yang dikeluarkan dari produksi semen, menimbulkan banyak penyakit seperti sesak nafas. Selain itu getaran ledakan dinamit, juga akan merusak rumah warga. Sekarang saja yang lokasi pertambangannya jauh dari pemukiman, getaran ledakan dinamit tersebut sudah terasa hingga banyak beton rumah warga, yang warga retak,” tukasnya.

 

TEKS              : MUSLIM

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster