Pembayaran THR Dihimbau Dibayar Dua Minggu Sebelum Lebaran

 240 total views,  2 views today

Ilustrasi THR

Ilustrasi THR

PALEMBANG – Setiap menjelang Idul Fitri, ribuan masyarakat Indonesia melakukan tradisi mudik ke kampung halamannya masing-masing. Kondisi ini, membuat sejumlah transportasi massal dipadati pemudik.

Terminal bus, bandara hingga stasiun Kereta Api (KA) pun menjelang Idul Fitri, selalu dipadati oleh masyarakat yang hendak mudik terutama satu pekan sebelum Idul Fitri dan puncaknya pada H-3 Idul Fitri.

Kondisi ini menurut Menteri BUMN, Dahlan Iskan tidak perlu terjadi jika Tunjangan Hari Raya (THR), dibayarkan oleh perusahaan jauh hari sebelum Idul Fitri. “Jika dihitung-hitung menurut statistik, antara pemberian THR dengan kepulangan orang ke kampung halaman jelang lebaran, ada hubungannya,” terang Dahlan yang dibincangi usai meresmikan rel ganda di Stasiun KA Kertapati, Palembang, Senin  (9/6).

Menurunya, jika THR baru diberikan tiga hari sebelum lebaran, maka banyak orang baru melakukan mudik ke kampung halaman masing-masing dengan waktu yang sangat mepet. Jika THR diberikan jauh hari sebelum lebaran, dipastikan arus mudik tidak terlalu ramai.

Karenannya kata Dahlan, ia akan menginstruksikan kepada semua perusahaan milik negara untuk membayarkan THR bagi karyawannya paling lambat dua minggu sebelum Idul Fitri. Ia juga menghimbau hal itu juga dilakukan oleh perusahaan baik swasta maupun milik pemerintah.

“Tiap tahun kita lihat masalah yang sering muncul, yakni sering terjadi penumpukan penumpang baik itu di stasiun dan terminal-terminal kendaraan saat arus mudik. Makanya, kalau perusahaan mengerti kondisi seperti ini, mereka harus memberikan THR jauh hari sebelum lebaran,” sebut Dahlan.

“Jika THR diberikan jauh hari sebelum Idul Fitri, itu bisa membantu mengurai kepadatan arus mudik menjelang lebaran,” tukasnya.

 

TEKS              : IMAM MAHFUZ

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster