Harga Ayam Potong Naik

 340 total views,  2 views today

Pedagang Ayam Potong di Pasar Cinde | Foto : Bagus Park

Pedagang Ayam Potong di Pasar Cinde | Foto : Bagus Park

PALEMBANG – Mendekati bulan suci ramadhan, sejumlah kebutuhan bahan pokok mulai merangkak naik. Tak terkecuali ayam potong. Astrid salah satu pedagang ayam potong di Pasar Kuto Palembang mengatakan, harga ayam potong mulai merangkak naik dari Rp 28ribu saat ini tembus Rp 30ribu.

Dikatakannya, harga ayam potong akan lebih mahal lagi apabila masyarakat membeli dengan pengecer yang ada di warung kecil bisa mencapi Rp 38 ribu perkilogramnya.

Menurut Astrid, kenaikan harga ayam potong semakin tinggi karena permintaan ayam terus  meningkat sementara pasokan ayam berkurang hal ini yang menjadi penyebab harganya naik. “Permintaan banyak, tapi pasokan kurang dan ini mau masuk bulan puasa juga,” katanya.

Astrid berharap pemerintah dapat mengatasi kenaikan harga ayam potong agar tidak semakin tinggi. “Kalau mahal, pembeli juga sedikit dan banyak yang ngeluh. Saya berharap enggak naik-naik lagi, biar kami enggak rugi, peternak juga enggak rugi,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Yuni salah seorang penjual ayam potong di pasar KM 5 mengakui naiknya harga ayam potong dikarenakan stok ayam yang semakin menipis menjelang datangnya bulan puasa. “Selain stok yang sudah menipis, langka, harga modal beli ayam dari agen juga naik,” jelasnya.

Sedangkan Linda salah seorang ibu rumah tangga mengatakan, menjelang bulan puasa pasti harga sembako pasti megalami kenaikan.  “Maklum mau puasa, semua harga kebutuhan pasti naik. Apa boleh buatlah sementara kita kepingin makan,” ujar Linda.

 

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster