Alun-alun Selatan Jadi Pusat Keramaian

 377 total views,  2 views today

Ilustrasi Expo

Ilustrasi Expo

PAGARALAM – Seiring suksesnya program Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-X dan Expo Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) Tingkat Sumsel 2014, Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam akan menetapkan Alun-alun Selatan Kelurahan Nendagung Kecamatan Pagaralam selatan, sebagai kawasan pusat keramaian. Demikian dikemukakan Sekretaris Daerah Kota Pagaralam, Drs H Safrudin MSi, Senin (9/6).

Menurutnya, letak geografis kebaradaan Alun-alun Selatan sangat strategis dan dinilai begitu tepat untuk dijadikan pusat keramaian masyarakat, mengingat lokasi ini berada dipusat kota dan mudah dijangkau.

“Kita akan menetapkan Alun-alun Selatan sebagai kawasan pusat keramaian masyarakat,” katanya seraya berujar selain itu lokasi Alun-alun Selatan jauh dari jalur umum dan tergolong tidak menimbulkan kemacetan ketika menggelat acara.

Suksesnya gelaran TTG dan Expo PNPM-MP yang lalu lanjutnya, tidak menutup kemungkinan bakal digelar lagi kegiatan ataupun expo-expo lainnya baik tingkat kota, provinsi hingga nasional yang dipusatkan di Alun-alun Selatan.

“Alun-alun Selatan dinilai begitu layak dan tepat untuk dijadikan pusat even-even besar baik tingkat kota, provinsi hingga tingkat nasional,” terangnya seraya berkata kita juga akan menggelar Besemah Expo dan Festival Besemah di lokasi ini.

Meski begitu, dengan ditetapkannya lokasi ini sebagai pusat keramaian masyarakat tentunya secara tidak langsung dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan. Karena warga di Bumi Besemah ini dapat memanfaatkan momen-momen itu dengan cara menggelar berbagai jenis barang dagangan mulai dari makanan, minuman, dan lainnya.

“Pastinya putaran perekonomian cukup baik ketika digelar berbagai momentum di lokasi ini,” katanya seraya berujar semoga berbagai kegiatan yang dipusatkan di Alun-alun Selatan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Ditambahkan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Kelurahan (BPMK) setempat, Drs Samsul Bahri Burlian, MSi, Kota Pagaralam berhasil meraih prestasi yang membanggakan pada pagelaran TTG dan Expo PNPM-MP yang dipusatkan di Alun-alun Selatan, 5-8 Juni lalu.

“Alhamdulillah, Pagaralam meraih peringkat pertama stan terbaik dan stan unggulan,” jelasnya seraya berujar dengan diraihnya peringkat trrbaik ini menandakan bahwa Pagaralam mampu bersaing dengan daerah lainnya di Sumsel dalam hal TTG.

Kendati demikian Samsul menambahkan, hasil terbaik ini tentunya berkat dukungan seluruh lapisan masyarakat dalam bahu membahu untuk berinovasi membuat produk olahan TTG.

“Selain suksesnya program TTG dan Expo PNPM-MP, Alun-alun Selatan begitu tepat menjadi kawasan pusat keramaian masyarakat,” singkatnya.

 

TEKS:ANTONI STEFEN

EDITOR:RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster