Urusan Belajar dan Ekskul Harus Seimbang

 333 total views,  2 views today

Ilustrasi.

Ilustrasi.

PALEMBANG – Wakil Kepala Sekolah bagian Kesiswaan SMA Negeri 3 Palembang, M Najib Ahmad, S.Pd mengatakan, kreativitas siswa di SMA 3 Negeri Palembang sudah berimbang. Dimana, para siswa selama ini dimotivasi  agar membagi, antara urusan belajar dan urusan kreasi harus seimbang.  “Saya sangat senang dengan berbagai prestasi yang telah diraih siswa-siswi SMA Negeri 3 Palembang. Mereka bisa membagi waktu untuk urusan akademik dan kegiatan ekstrakurikuler,” ujar M Nadjib kepada Kabar Sumatera, belum lama ini.

Terkait dengan kreasi di SMAN 3 Palembang, Nadjib menyebutkan para guru di selalu melakukan membimbing dan mengarahkan peserta didik untuk tetap berkreasi di semua bidang. “Kita terus membimbing siswa-siswi agar mempunyai berbagai prestasi. Namun pelajaran yang dinomor satukan. Silakan mereka berkreasi, karena salah satu penunjang belajar mereka adalah kreatifitas, hobi yang mereka miliki. Baik bidang seni maupun olah raga. Padahal  kegiatan ekstra di sekolah ini sangat banyak, seperti Pasmanta, Sanggar Seni 03, Perbassmanta, PKS, Pramuka, CEC, CO2, Rohis, Persmanta, PMR, dan Wasigma (Wahana Siswa Gemar Matematika),” ujarnya.

Sarana dan Prasarana

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Palembang,  Drs. H. Gede Mendera, MT, menyebutkan, sebagai salah satu SMA Unggulan, pihaknya selalu menyiapkan sarana dan prasarana yang memadai bagi siswa. Hal ini dilakukan untuk kenyamanan dalam proses belajar mengajar—sekaligus mendorog prestasi bagi sekolah dalam bidang non akademik.

Gede, mengatakan hingga saat ini sekolah yang  dibangun pada 1961, sudah banyak prestasi yang mengagumkan, baik dari akademik, atau non akademik, seperti bidang seni, olah raga. “Hal ini tidak akan kita dapatkan tanpa ada  sarana dan prasarana yang memadai. Kesemuanya itu juga menjadi daya tarik bagi para orang tua untuk memasukkan anak-anak mereka disini,” tambahnya.

Ditanya tentang penerimaan siswa baru, Gede mengatakan, untuk tahun ajaran 2014-2015, pihaknya telah membuka ruang bagi para calon siswa yang ingin menjadi siswa di sekolah ini. Diantaranya dengan memberikan informasi penerimaan siswa baru melalui media elektronik dan cetak. “Di samping itu melalui brosur dan pemberitahuan kepada warga di sekolah. Nantinya para calon siswa akan dilakukan seleksi melalui kepanitiaan khusus yang sudah dibentuk,” tambah Juara I Kepala Sekolah Berprestasi Kelompok SMA Tingkat Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2014.

Gede menambahkan, sekalipun SMAN 3 Palembang bebas rayon,  namun dalam penerimaan siswa baru, pihaknya tetap melakukan seleksi ketat, dari nilai rata rapor SMP/ MTs.Ini dilihat dari beberapa mata pelajaran paforit seperti Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA dan IPS mulai dari kelas VII sampai IX,” ujar suami dari Yeni Apriliani ini.

SMAN 3 Palembang yang kini berada di lokasi strategis, memudahkan setiap warga datang dan berkunjung di sekolah yang sebelumnya merupakan pecahan dari SMA Negeri 2 Palembang. “SMA Negeri 3 Palembang ini didirikan atas dasar musyawarah Persatuan Orang Tua Murid dan Guru (POMG). Hingga sekarang sekolah ini telah banyak mengalami perubahan dari segi fisik. Perubahan sekarang yang cukup dirasakan, diantaranya telah ada berapa perbaikan gedung. Selain itu sekolah ini telah dilengkapi dengan jaringan internet dan area Hot Spot,” ujar bapak dari tiga anak ini.

Terpisah, Yuni Novianti calon pelajar SMA N 3 Palembang yang sempat dijumpai mengatakan, dirinya tertarik masuk ke sekolah ini, untuk membuktikan, prestasi 5 besar di MTsN dapat ikut bersaing masuk di SMA Unggulan. “Apa yang sudah saya raih di MTsN sebagai 5 besar, nilai tertinggi harus diuji di sekolah yang siswanya banyak dan berprestasi. Kalau sudah ikut seleksi, prestasi saya akan teruji, apakah saya memang punya kemampuan atau tidak masuk di SMA Unggulan ini,” ujar bungsu dari 2 bersaudari ini.

 

TEKS : AHMAD MAULANA

EDITOR : IMRON SUPRIYADI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster