Residivis Nyaris Tewas Diamuk Massa

 391 total views,  2 views today

 

PRABUMULIH – Amuk warga yang kesal bercampur emosi hingga menyebabkan seorang pelaku pencurian pada sebuah bengkel mobil, nyaris tewas dihajar massa, Sabtu (7/6/2014) sekitar pukul 09.00 WIB, di kawasan persimpangan Kelurahan Gunung Ibul, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih.

Pelaku belakangan diketahui bernama Pandi Ahmad (23), warga Kaca Piring, Kelurahan Tugu Kecil, Kecamatan Prabumulih Timur ini, setelah kepergok mencuri uang dan handphone milik Marwan alias Iwan (42), pemilik bengkel mobil di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Gunung Ibul Barat. Sementara rekan pelaku yang identitasnya sudah dikantongi polisi, saat kejadian langsung kabur melarikan diri menggunakan sepeda motor milik pelaku.

Beruntung sejumlah anggota FKPM (Forum Kemitraan Polisi Masyarakat) dari Kelurahan Gunung Ibul yang mengetahui aksi massa tersebut, segera mengamankan pelaku dan menyerahkannya ke Polsek Prabumulih Timur, berikut barang bukti hasil curiannya berupa uang senilai Rp1.700.000, dan handphone milik korban.

Dari informasi di lapangan, tertangkapnya pelaku yang baru dua bulan menghirup udara bebas setelah mendekam di penjara rutan kelas II B Sukajadi karena kasus yang sama, saat mencoba mencuri di rumah korban, Sabtu pagi. Namun apes, aksinya bersama rekannya berinisial Aa dipergoki oleh ibu korban yakni Aniha (66).

Saat itu tanpa sengaja, ibu korban melihat pelaku keluar dari kamar korban sambil menenteng uang dan handphone milik anaknya. Merasa aksinya diketahui ibu korban, pelaku kemudian berusaha lari dan berusaha menerobos pintu bagian tengah rumah korban. Pelaku juga sempat mendorong putri korban bernama Gessela Safitri yang baru berusia sekitar 1,8 tahun, yang saat kejadian sedang duduk bermain di ruang tengah rumah, hingga menyebabkan putri korban ini menderita luka memar dan lecet pada bagian kaki dan kedua tanggannya.

Takut pelaku berbuat lebih jauh, ibu korban kemudian berteriak meminta tolong sambil berusaha memberikan perlawanan dengan menghadang pelaku, sehingga sempat terjadi pergumulan antara keduanya.

Istri korban, Rika (32), yang saat kejadian sedang berada di dapur rumah mendengar teriakan ibu mertuanya, langsung menghampiri dan berusaha membantu ibu mertuanya. Namun karena masih kalah tenaga, akhirnya pelaku berhasil meloloskan diri dan bermaksud kabur dari lokasi kejadian (TKP). Tapi upaya pelaku ini gagal, setelah puluhan warga yang datang setelah mendengar teriakan ibu korban langsung mengejar dan mengepung pelaku.

Massa yang marah kemudian langsung menangkap dan menghakimi pelaku hingga nyaris tewas. Beruntung sejumlah anggota FKPM Gunung Ibul yang datang, segera sigap dan menyelamatkan pelaku dari amukan massa.

Setelah sempat diamankan di pos FKPM, kemudian oleh petugas, pelaku langsung digelandang ke Polsek Prabumulih Timur untuk memertanggungjawabkan perbuatannya. Sementara rekan pelaku Aa, usai aksi, mereka dipergoki korban langsung kabur meninggalkan pelaku dengan menggunakan sepeda motor.

“Dio inilah mungkin pak, yang galak maling dibengkel aku. Selamo sebulan ini lah enam kali aku kehilangan radioator, kabel las, dan banyak lagi barang-barang aku yang hilang. Aku minta dio di hukum berat, apolagi anak aku terluko gara-gara di dorong dio (pelaku, red),” ujar Iwan dengan nada emosi, saat dibincangi media.

Kapolsek Prabumulih Timur, Iptu Toni Arman SH, didampingi Kanitreskrim Aiptu Rikiyanto, ketika dikonfirmasi membenarkan pihaknya telah mengamankan pelaku. Menurutnya, pelaku diketahui seorang residivis kasus yang sama dan baru dua bulan bebas dari rutan kelas II b Sukajadi.

“Pagi kemarin, dia (pelaku) berhasil ditangkap massa saat hendak mencuri di rumah salah satu warga. Pelaku ini juga merupakan residivis kasus yang sama dan baru dua bulan ini bebas. Kasus ini masih terus kita kembangkan dan mengejar pelakunya yang lain,” tukasnya,

 

TEKS; IRSAN MATONDANG

EDITOR; SARONO P SASMITO





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster