Pemkot Palembang Akan Bangun Empat Dermaga Baru

 281 total views,  2 views today

Ilustrasi Demaga | Ist

Ilustrasi Demaga | Ist

PALEMBANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang, akan membangun empat dermaga baru sebagai penambahan fasilitas moda transportasi air di metropolis.

Satu dermaganya menurut Kepala Bidang (Kabid) Transportasi Jalan dan Rel, Dishub Kota Palembang, Agus Suprianto, menghabiskan anggaran bervariasi antara Rp 700-900 juta. “Tendernya sudah kita lakukan, sehingga dalam waktu dekat pembangunannya akan dilaksanakan,” kata Agus yang dibincangi belum lama ini.

Ke empat dermaga yang akan dibangun tersebut jelas Agus berada di Pulau Kemaro, Pasar Sekanak, Benteng Kuto Besak dan Kampung Kapitan. Dengan dibangunnya empat dermaga itu berarti sebut Agus, jumlah dermaga di Palembang bertambah.

“Dengan bertambahnya dermaga itu, harusnya intergasi moda transporasi darat, udara dan air bisa dilakukan. Sebab kita sudah memiliki dermaga di kawasan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II dan di kawasan Stasiun Kertapati. Sayangnya, itu tidak berfungsi optimal sebab fasilitas pendukungnya yang masih minim,” terangnya.

“Pembangunan dilakukan untuk mendukung program kota. Nantinya, dermaga tersebut akan terintergrasi dengan Bus Rapit Transit (BRT) Transmusi dan angkutan sungai seperti ketek, bus air dan lainnya,” sambungnya.

Agus berharap, pembangunan dermaga tersebut mampu mendukung mobilitas angkutan air di Sungai Musi dan memudahkan penumpang turun dan naik empat titik pembangunan dermaga tersebut.

“Untuk mencapai hasil maksimal, idealnya di tepian Sungai Musi minimal ada 20 dermaga. Tapi, untuk merealisasikan puluhan dermaga baru tersebut harus menyiapkan anggaran yang cukup besar, sehingga program itu dilakukan secara bertahap,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dishub Palembang, Masripin Toyib menambahkan, adanya dermaga ditepian Sungai Musi menjadi salah satu fasilitas penting, untuk mendorong mobilitas di perairan dan menambah keindahan kota. “Apabila alat transportasi sungai hidup, maka akan menghidupkan perekonomian masyarakat,” tukasnya.

 

TEKS           : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster