Kinerja PDAM Dapat Sorotan

 223 total views,  2 views today

 

MUARAENIM – Buruknya kualitas layanan air bersih dari PDAM Lematang Enim, mendapat sorotan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Muaraenim. Dewan meminta kinerja PDAM Lematang Enim, ditingkatkan.

“Bagaimana mau sehat, kalau kualitas air bersih PDAM yang dikonsumsi masyarakat keruh,” kritik Ketua DPRD Muaraenim M Thamrin AZ ketika dibincangi, Minggu (8/6).

Menurut Thamrin, masyarakat yang menikmati air bersih telah membayar mahal. Seharusnya,  air bersih yang didistribusikan PDAM Lematang Enim ke rumah-rumah pelanggannya, harus bersih sehingga tidak menimbulkan kekecewaan.

“Kalau menejemen PDAM tidak bisa meningkatkan kualitas air bersih yang didistribusikan ke pelanggannya, tentunya kinerja mereka harus dipertanyakan,” ucap pria yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan  Muaraenim ini.

Pernyataan yang sama dikatakan anggota DPRD Muaraenim, Subardi. Menurutnya, menejemen PDAM Lematang Enim harus berupaya keras meningkatkan mutu air, sehingga harapan rakyat untuk memperoleh air bersih dapat dipenuhi. “Manajemen PDAM, harus memperbaiki kualitas air bersih yang mereka distribusikan,” ujarnya.

Selaku wakil rakyat, pihaknya akan terus mengawasi layanan air bersih PDAM sampai kualitasnya membaik. Dijelaskan Subardi, antara PDAM dan legislatif maupun eksekutif harus terjalin komunikasi secara intens, dengan harapan ada peningkatan pelayanan air bersih bagi masyarakat Muaraenim.

” PDAM intitusi pelayanan publik, kalau tidak mampu memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, bagaimana mendukung program Muaraenim yang sehat, mandiri, agamis dan sejahtera. Saya ini, pelanggan PDAM juga. Saya termasuk yang kecewa dengan layanan dari PDAM, karena air nya tidak bersih. Kadang air nya ke rumah pelanggan, juga tidak lancar,” bebernya.

Padahal terangnya, Pemkab Muaraenim telah melakukan menyertakan modal. Ternyata penambahan modal dari pemkab tersebut jelasnya, tidak memperbaiki kinerja PDAM Lematang Enim.

Sebelumnya, Direktur Utama PDAM Lematang Enim, Puryadi kepada Kabar Sumatera, mengatakan  untuk meningkatkan kualitas air, pihaknya akan menambah kolam prasedimentasi atau kolam pengendapan dalam proses penjernihan air. “Kolam pengendapan  sangat penting, mengingat rendahnya kualitas air baku PDAM,” ungkap Puryadi.

 

TEKS              : SISWANTO

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster