Jelang Lebaran, Jalintim OKI Mulus

 249 total views,  2 views today

KAYUAGUNG – Arus kendaraan mudik lebaran 2014 diprediksi mulai pertengahan Juli mendatang atau H-2 minggu Idul Fitri. Namun upaya pemerintah dalam memberikan kenyamanan bagi pemudik sudah dilakukan sejak beberapa hari lalu.

Upaya tersebut diantaranya memperbaiki kerusakan Jalintim di OKI. Yang merupakan urat nadi bagi pemudik antar pulau, Jawa-Sumatera.

Pantauan di Jalintim, Minggu (8/6) siang, kondisi Jalintim bisa dikatakan mulus hingga di atas 90 persen.

Bila beberapa pekan lalu dilakukan perbaikan dengan cara pengaspalan ulang di Jalintim depan Kantor DPRD OKI-Dishub Kominfo-Terminal Kayuagung, kini kondisi jalan itu sudah mulus dan kendaraan yang melintas tanpa lancar.

Perbaikan serupa bahkan sudah terlebih dulu dilakukan di Jalintim dari perbatasan perkotaan Kayuagung-Kecamatan Pedamaran-Teluk Gelam pada awal Mei lalu. Secara umum, saat ini tidak ada kendala berarti bagi pengguna jalan yang melintasi Jalan Negara milik pemerintah pusat itu.

Jon Heri (39) warga Desa Pedamaran, Kecamatan Pedamaran kemarin mengatakan, beberapa bulan awal tahun lalu kondisi Jalintim memang sangat memprihatinkan karena kerusakan merata di banyak titik. Penyebabnya, ribuan kendaraan over kapasitas hilik mudik dari arah Lampung-Sumsel dan sebaliknya.

“Sekarang sudah mulus galo kak jalannya, di dusun kami juga mulus. Kalau nak bulan puaso dan lebaran memang setiap tahun jalan ini pasti diperbaiki, tapi kagek akhir tahun mulai rusak lagi,” katanya.

Perwakilan Kementerian Perhubungan RI, Ir Djamal Sebastian MSc selaku Ketua Tim Penilai Wahana Tata Nugraha atau penghargaan tertinggi bidang transportasi dan lalu lintas sebelumnya mengatakan, pihaknya sudah turun ke jalan-jalan protokol di perkotaan Kayuagung dan jalan negara yakni Jalintim.

Hasilnya kata dia, untuk jalan di dalam perkotaan Kayuagung yang merupakan milik Pemkab OKI kondisinya sudah sesuai standar penilaian. Nyaris tidak ada kerusakan jalan, meskipun ada itu berada di jalan pinggiran kota yang sedikit dilalui kendaraan. Untuk jalan nasional, kondisinya sangat mendukung kelancaran bertransportasi.

 

TEKS:DONI AFRIANSYAH

EDITOR:RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster