Gaji 13 Tunggu Peraturan Menkeu

 226 total views,  2 views today

INDERALAYA  – Pegawai Negeri Sipil (PNS), di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Ogan Ilir (OI) sempat sedikit resah dengan adanya kesimpangsiuran pencairan gaji 13 yang terlambat turun lantaran tersedot oleh pelaksanaan Pemilihan Legislativ (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres), tahun 2014.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab), merespon, anggaran gaji 13 aman dan tinggal menunggu Peraturan Menteri Keuangan.

Kegelisaan tersebut seperti yang diungkapkan Aan, salah satu PNS di salah satu instansi pemerintah Pemkab OI. Menurut Aan, dirinya sempat mendapat kabar tentang simpang siur pencairan gaji 13.

“Saya dengar aja dari mulut ke mulut. Katanya karena Pileg dan Pilpres tidak cair,” katanya kemarin.

Ia menambahkan, sebenarnya dirinya tidak yakin jika gaji 13 tidak akan turun. “Setahu saya, gaji itu kan sudah dianggarkan, mana ada batal. Mungkin cair tapi waktunya agar terlambat,” harapnya.

PNS bernama Heny (45) mengatakan, bahwa gaji ke-13 yang selama ini diterimanya cukup membantu  untuk biaya keperluan anak sekolah pada tahun ajaran baru.

“Memang sekolah gratis, tapi untuk beli seragam sekolah perlu cukup banyak uang yang dikeluarkan, satu anak harus tiga pakaian seragam sekolah. Mudah-mudahan gaji 13 cepat cair,” harapnya.

Sementara itu, Wabub Ogan Ilir,  H M Daud Hasyim, saat dikonfirmasi mengatakan, gaji ke-13 itu pasti dibayarkan, karena sudah dianggarkan setiap tahunnya, tinggal teknisnya kapan harus dibayarkan.

“Itu (gaji 13) sudah dianggarkan. Tidak ada hubungannya dengan Pileg dan Pilpres. Tinggal gimana teknis pembayarannya saja,” singkatnya.

Terpisah, Asisten II Pemkab Ogan Ilir  Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Faisal didampingi Kabag Keuangan Ambarita mengatakan, untuk pembayaran gaji ke-13 masih harus menunggu Peraturan Menteri Keuangan (PMK).

“Kalau soal anggaran untuk pembayaran gaji ke-13 , kita sudah siap, karena setiap tahunnya kita anggarkan untuk 13 bulan , hanya saja sampai saat ini belum  turun PMK,” tutur Faisal.

Untuk itu, pihaknya meminta kepada seluruh PNS di lingkungan Pemkab OI untuk bersabar. “Yakinlah gaji ke-13 itu anggarannya sudah ada dan kita siapkan setiap tahunnya, hanya saja kita masih menunggu PMK. Biasanya pada bulan Juni ini  PMK itu sudah turun, kalau sudah turun pasti kita bayarkan,’’ pungkasnya.

 

Teks : Junaedi Abdillah

EDITOR: SARONO P SASMITO





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster