Disperindag : Informasi Harga Wajib Dipasang

 271 total views,  2 views today

Ilustrasi Foodmart

Ilustrasi Foodmart

PALEMBANG – Berkembangnya kabar bahwa akan melonjaknya harga kebutuhan pokok menjelang Idul Fitri, membuat Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumsel, tidak tinggal diam. Disperindag menghimbau setiap pasar terutama pasar induk, wajib menyediakan papan harga setiap harinya, agar lebih memperjelas fluktasi harga setiap harinya.

“Semua harga untuk kebutuhan pokok, harus dibuat di pusat informasi harga sembako. Itu wajib dipasang di area fronf office di pasar tersebut,” kata Kepala Disperindag Sumsel, Permana saat dibincangi, kemarin.

Hal ini terang Permana, dilakukan agar transparansi harga yang ada di pasar tradisional bisa benar-benar tercipta. Sehingga tak ada oknum tertentu, yang sengaja menaikkan harga kebutuhan pokok. “Informasi harga ini, sebenarnya harus menggunakan papak elektronik. Namun jika belum ada, bisa menempelkan informasi harga tersebut secara manual,” urainya.

Ia mengakui, rata-rata pasar tradisional di Sumsel belum menerapkan papan elektornik itu. Padahal ini sudah menjadi instruksi dari Kementerian Perdagangan. Namun, ia meminta pengelola pasar yang ada, sebisa mungkin harus melakukan hal tersebut.

“Ini memang kembali ke pihak pasar itu sendiri, untuk itulah pengelola pasar harus mengusulkan kepada pemerintah setempat untuk mengalokasikan dana pembuatan papan elektronik tersebut,” ungkap Permana.

Selain hal itu, untuk tetap menjaga kestabilan harga jelang bulan suci, Permana menuturkan, bersama dengan stakeholders terkait, Disperindag akan melakukan penetrasi pasar, jika terjadi kenaikan harga yang melambung tinggi. “Operasi pasar itu dilakukan sampai harga benar-benar stabil,” cetus dia.

Sebelumnya, Kepala Perum Bulog Divre Sumsel, Bambang Napitupulu menuturkan, pihaknya melakukan koordinasi dengan Disperindag kabupaten/kota dan provinsi, jika terjadi kenaikan harga beras. “Jika ada kenaikan harga, operasi pasar segera kita lakuan dengan jumlah tak terbatas, hingga harga yang ada di pasaran dapat benar-benar kembali ke angka normal,” tukasnya.

 

TEKS              : IMAM MAHFUZ

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster