Rintan, Si Manis Dengan Segudang Prestasi

17 total views, 3 views today

Rintan

Rintan

Orangtua Rintan, pantas berbangga hati memiliki anak yang cerdas di usianya ke 16 tahun, Rintan sudah memiliki segudang prestasi yang diukirnya sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD).

Anak pasangan, Rusli (50), dan Fatuna (47), yang saat ini duduk di kelas XI IPA 3, ini bukan hanya menjadi kebanggaan kedua orangtuanya, namun juga menjadi kebanggaan SMA 1 Inderalaya, khususnya dan Kabupaten Ogan Ilir (OI), pada umumnya.

Bahkan, dia juga mampu meringankan beban kedua orang tuanya. Sedikit demi sedikit, uang yang diperoleh dari prestasinya diberikan kepada orang tuanya.

Dara manis kelahiran 2 September 1997 ini sejak kecil dibesarkan di Kota Inderalaya, Kecamatan Inderalaya, Kabupaten Ogan Ilir. Meski kehidupanya tidak semewah anak-anak pejabat, namun kecerdasan Rintan  tidak bisa dianggap remeh.

Sejak duduk di bangku SD hingga saat ini, Rintan yang fasih berbahasa Inggris selalu mendapat ranking pertama di kelasnya.

Saat duduk di kelas 5 SD, Rintan sudah menyabet juara 1 Olimpiade Matematika tingkat Kabupaten pada tahun 2007.

Ketika duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) pun, prestasi demi prestasinya mulai diraih seperti Juara 3 membuat sekaligus membaca puisi tingkat Provisni Sumsel tahun 2010, Juara 1 lomba Strory Telling (Bercerita), tingkat Kabupaten OI-OKI tahun 2011, Juara 2o-d;   Olimpiade Matematika Tingkat Kabupaten Tahun 2010 dan Juara 1 lomba cepat tepat tingkat kabupaten.

Duduk di bangku SMA, koleksi juara Rintan tidak diragukan lagi. Saat ini, ada 22 prestasi yang diraihnya dan beberapa juara umum seperti Juara Umum Panca Lomba memperebutkan Piala Bupati, serta Juara Umum Perkemahan Sandhi Yudha (Persanda), se Sumatera Selatan yang digelar Universitas Sriwijaya (Unsri).

Prestasi tersebut diantaranya Juara 2 Maket 3D Prata Bupati Cup Ogan Ilir ( 2012 ), Juara 1 Lomba Debat Bahasa Inggris Persandha Universitas Sriwijaya ( 2013 ), Juara 1 Olimpiade Matematika tingkat Kabupaten Ogan Ilir ( 2014), dan menjadi Peserta Forum Anak Nasional (2014), dan masih banyak lagi.

“Semua prestasi yang saya raih berkat kerja keras dan semangat untuk menggapai cita-cita dan membantu kedua orang tua saya. Bagi saya, setiap tetes keringat ayah dan ibu, merupakan seribu langkah kita harus maju,” ungkapnya semangat saat ditemui Kabar Sumatera, Jumat (6/6), di SMA 1 Inderalaya.

Rahasia untuk menjadi pintar dan berperstasi, sambungnya, pertama yakni diulang kembali pelajaran di sekolah saat berada di rumah. Selain itu, memiliki rasa keingintahuan terhadap sesuatu yang dilihat. Lalu tetap berdoa agar diberi kemudahan dalam meraih cita-cita.

“Saya termasuk orang yang penasaran jika ada sesuatu hal. Misal, kalau saya tidak mengerti, saya langsung cari solusinya. Apalagi di sekolah, kalau tidak tahu saya langsung bertanya kepada guru. Lalu kembali belajar dengan apa yang diajarkan di sekolah. Selanjutnya pasti tetap berdoa,” tuturnya.

Lanjut Rintan, menjadi dokter adalah cita-citanya sejak kecil. Bahkan, dirinya berambisi masuk ke Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta demi mewujudkan cita-citanya.

“Ya, cita-cita saya jadi dokter. Untuk tempat kuliah saya ingin kuliah di UGM. Terinspirasi jadi dokter melihat film Ainun Habibie yang begitu sahaja dan punya cerita bermakna,” tutupnya mengakhiri pembicaraan.

Biodata

Nama Lengkap           : Rintan

Program                       : IPA

Tempat, tanggal lahir : Indralaya, 2 September 1997

Alamat Rumah           : Jl. Lintas Timur No. 07 Indralaya Mulya Kab. Ogan ilir

Karya ilmiah yang pernah dibuat:

– Manfaat Kulit Pisang untuk Obar Anti Nyamuk ( LPB 2013 )

– Briket Plastik Bambu dan Kompor Serbaguna ( Pershanda 2014 )

– Pengaruh Kurikulum 2013 terhadap Keefektifan dan Minat Belajar Siswa Kelas

X SMA Negeri 1 Indralaya ( 2014 )

Penghargaan ilmiah yang pernah diraih:

– Juara 1 Lomba Debat Bahasa Inggris Persandha Universitas Sriwijaya ( 2013 )

– Juara 1 Desain Poster Internet Universitas Sriwijaya ( 2013 )

– Juara 1 Fotografi Panca Lomba Bupati Cup V ( 2013 )

– Juara 2 Desain Logo Panca Lomba Bupati Cup V ( 2013 )

– Juara 1 Lintas Alam Panca Lomba Bupati Cup V ( 2013 )

– Juara 3 Orasi Panca Lomba SMA N 11 Palembang ( 2014 )

– Juara 1 Putri Pershanda Universitas Sriwijaya ( 2014 )

– Juara 2 English Competition Pershanda Universitas Sriwijaya ( 2014 )

– Juara 1 Cepat Tepat Pershanda Universitas Sriwijaya ( 2014 )

– Juara 1 Story Telling Uniski Expo ( 2014 )

– Juara 1 Cepat Tepat MIPA Uniski Expo ( 2014 )

– Juara 2 Debat 4 Pilar Uniski Expo ( 2014 )

– Juara 1 Olimpiade Matematika tingkat Kabupaten Ogan Ilir ( 2014 )

– Peserta Forum Anak Nasional ( 2014 )

 

Teks  : Junaedi Abdillah

Editor : SARONO P SASMITO 

 





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com