Pilpres Gunakan Kotak Suara Berbahan Kaleng

 279 total views,  2 views today

Ilst. Kotak Suara

Ilst. Kotak Suara

PAGARALAM – Keberadaan kotak suara berbahan kardus yang dipakai pada Pemilihan Legislatif (Pileg) lalu, dipastikan tidak akan dipakai pada pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) 9 Juli nanti.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pagaralam Hendri mengemukakan, berdasarkan petunjuk yang diterima pihaknya menyatakan untuk Pilpres nanti, kotak suara yang digunakan terbuat dari kaleng. Penggunaan kotak suara kaleng ini dinilai lebih aman terutama terhadap air.

“Meski di saat Pileg lalu terdapat 1800 kotak suara, tapi kami telah melakukan pengosongan kotak suara tersebut,” katanya, Jumat (6/6).

Jumlah 1800 kotak suara tersebut lanjutnya, KPU hanya akan memakai sebanyak 940 kotak suara yang seluruhnya terbuat dari kaleng. Sementara sisanya yang berupa kardus akan disimpan di gudang KPU agar keamanannya tetap terjamin.

Ia merincikan, sebanyak  940 kotak suara nantinya disebar di tempat pemungutan suara (TPS) masing-masing 2 kotak suara, serta panitia pemungutan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) masing-masing 1 kotak.

“Bila ada 450 TPS se-Kota Pagaralam, berarti ada 900 kotak suara yang ada. Lalu ada 5 kecamatan dan 35 kelurahan jadi sebanyak 40 kotak suara,” terangnya seraya berujar untuk bilik suara terdapat sebanyak 4 bilik yang dipersiapkan untuk setiap TPS.

Ditambahkan Boy Arcan Komisioner KPU Divisi Logistik, saat ini logistik masih dalam proses tender. “Kami berharap semua logistik dapat diterima sesuai dengan tahapan-tahapan yang ada,” katanya.

 

TEKS   : ANTONI STEFEN

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster