Pelaku Usaha Dideadline 14 Hari

 246 total views,  2 views today

Petugas Sedang Mendata Pelaku Usaha Tentang Perizinan SIUP dan SITU |

Petugas Sedang Mendata Pelaku Usaha Tentang Perizinan SIUP dan SITU

SEKAYU – Minimnya pelaku usaha yang memiliki izin baik itu Surat Izin Tempat Usaha (SITU) maupun Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), membuat Badan Pelayanan Perizinan dan Penanaman Modal (BP3M) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), gerah.

BP3M Muba menghimbau, pelaku usaha untuk segera melengkapi perizinan tersebut. Mereka mendeadline pelaku usaha paling lambat 14 hari, untuk melengkapi semua perizinan. Jika tidak maka kata Kepala BP3M Kabupaten Muba, H Amril Nurman melalui Sekretaris H Zabidi, mereka bersama Tim Terpadu Pemkab Muba, akan melakukan penertiban.

Ia menyebut, masih banyak pelaku usaha di Kabupaten Muba yang tidak memiliki perizinan. Misalnya di Kecamatan Tungkal Jaya, saat penertiban yang dilakukan  beberapa waktu lalu di Tungkal Jaya, diketahui ada 98 persen pelaku usaha yang tidak memiliki perizinan.

“Berdasarkan hasil penertiban yang dilakukan 3 Juni Lalu, ditemukan hampir 98 persen usaha di Kecamatan Tungkal Jaya belum memiliki izin, baik izin dasar maupun izin khusus. Selain itu, ditemukan juga beberapa perusahaan yang hanya melengkapi izin yang dikeluarkan oleh kecamatan setempat. Diharapkan kedepannya semua pihak terkait dalam kepengurusan izin dapat saling berkoordinasi,”  kata Zabidi, kemarin seperti dilansir muba.com.

Dikatakannya, Tim terpadu telah memberikan surat teguran, dengan memberikan tenggang waktu selama 14 hari setelah penertiban. Untuk itu, perizinan harus segera diurus ke kantor BP3M Kabupaten Muba.

“Karena penertiban ini akan berlanjut ke tahap selanjutnya, jika masih banyak ditemukan usaha tanpa izin dan para pelaku usaha membandel, selain diberikan surat peringatan, tidak menutup kemungkinan nantinya juga akan diberikan sanksi tegas bahkan penindakan dengan menutup tempat usaha yang bersangkutan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kedatangan Tim terpadu ini disambut antusias oleh masyarakat Tungkal Jaya. Masyarakat menjadi tahu akan pentingnya izin terhadap usaha yang dikelola, sehingga menjadi sah dimata hukum dan dapat berpartisipasi dalam pembangunan daerah.

 

TEKS              : BAGUS SANTOSA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster