Dalam Penerimaan Siswa Baru, Sekolah Dilarang Pungut Biaya

 193 total views,  2 views today

Ilustrasi Siswa di Salah satu SD dikota Palembang

Ilustrasi Siswa di Salah satu SD dikota Palembang | Dok KS

BATURAJA – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), menegaskan jika dalam Penerimaan Siswa Baru (PSB) di sekolah-sekolah negeri, tidak dipungut biaya apapun. Penegasan ini disampaikan Kepala Disdik OKU, Mahyudin Helmi melalui kabid Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) didampingi Kasi kesiswaan, Riadi, Jumat (6/6).

Ia menyebut, Disdik OKU telah memberikan surat edaran dengan  nomor 800/234/IX/2014 ke setiap sekolah yang ada di OKU. Isinya, himbauan agar dalam penyelenggaraan PSB tidak dipungut biaya.

“Dalam himbauan tersebut, kami juga meminta sekolah untuk tidak memungut biaya apapun dalam kegiatan belajar dan mengajar dan kegiatan akhir tahun pelajaran. Sekolah juga dilarang mengkoordinir pembelian atribut sekolah. Himbauan ini, sudah kami sampaikan 21 Mei lalu,” kata Riadi, kemarin.

Ia menjelaskan, yang dimaksud dengan mengkoordinir pembelian atribut sekolah dimaksud meliputi pembelian baju batik, seragam sekolah, seragam olahraga serta perlengkapan lainya. Namun jika pungutan itu telah disetujui wali siswa melalui komite sekolah, maka hal itu sah-sah saja. “Kita izinkan, jika pungutan yang diadakan telah didiskusikan dengan melibatkan wali siswa dan komite sekolah. Itu pun pungutan yang diminta, tidak terlalu besar,” tegasnya.

Disinggung sanksi apa yang diberikan, jika ada sekolah yang masih membandel ? ia menyebut, sanksi tegas sudah disiapkan jika ada oknum guru atau kepala sekolah yang mencoba menarik pungutan.

“Sanksi itu akan diberikan, setelah diselidiki dahulu sesuai dengan prosedur untuk memastikan apakah pungutan yang ditarik dari wali siswa itu adalah pungutan gelap atau bukan,” ungkapnya seraya menambahkan  PSB tahun ajaran 2014/2015 sendiri akan berlangsung tanggal 1 Juli hingga 12 Juli mendatang.

 

TEKS              : MUSLIM

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster