Berkibarlah Kabar Sumatera di Puncak Dempo

 1,326 total views,  2 views today

kawah-dempo

Kabar Sumatera di Puncak Merapi Gunung Dempo

PAGARALAM – Mendengar kalimat mendaki gunung memang biasa. Tapi ketika kita ditanya apakah sudah pernah mendaki gunung ? Tentu jawabanya akan berbeda-beda.

Tepat Hari Sabtu, 31 Mei 2014, Ghufron yang kini tergabung sebagai jurnalis di Harian Umum Kabar Sumatera, Bagus Kurniawan  fotografer koran ini, beserta sahabatnya bernama Iksan, Aldo, Fauzan, dan Udin menggelar sebuah perjalanan menuju Kota Pagaralam guna mendaki puncak Gunung dempo.

“Kami datang ke sini untuk menambah pengalaman sekaligus ingin mengibarkan bendera Kabar Sumatera di puncak Gunung Dempo,” cetus Ghufron.

Sekadar pertimbangan efisiensi waktu, rombongan Gufron pun mengendarai sepeda motor ke Bumi Besemah. Mereka go Sabtu, 31 Mei 2014 pukul 08.00 WIB dengan mengambil star di depan Kantor Harian Umum Kabar Sumatera. Usai menempuh perjalanan kurang lebih 2,5 jam atau pukul 11.30 WIB, rombongan ini tiba di Ibukota Prabumulih. Selain jeda sebentar, mereka pun menyempat diri untuk singgah di Komplek Pertamina, Prabumulih. Usai bercengkrama dengan orangtua Bagus Kurniawan, perjalanan dilanjutkan.

Adapun rute berikutnya adalah dari Kota Prabumulih menuju Muaraenim, dan Lahat. Kali ini, rombongan ekpesidi koran ini bisa menyaksikan keindahan panorama alam nan begitu indah. Sembari melihat perbukitan yang hijau.

kebun-teh-pagaralam

Keindahan Alam di Sekitar Kota Pagar Alam copy

Tak terasa hampir lima jam perjalanan dilewati. Tepat pukul 17.00 WIB, rombongan ekpedisi Kabar Sumatera tiba di pintu gerbang Kota Pagaralam.

Alhamdulilah, Subhanallah. Itu yang kami ucapkan sesampainya di Pagaralam. Daerahnya begitu asri dan sejuk. Maklumlah ini baru pertakalinya saya ke sini. He..he..he,” Ghufron terharu sambil tersenyum.

Sampailah rombong ekpesidi ini di Villa Gunung Gare. Villa ini tak jauh dari Komplek Pemerintahan Kota Pagaralam. Gayung pun bersambut. Antoni Stefen Biro perwakilan Kabar Sumatera di Kota Pagaralam langsung mengajak rombongan Gufron Cs nginap di villa tersebut. Ya, langsung saja tanpa basa-basi lagi, rombongan ini langsung menuju villa No 21 di kawasan eks MTQ Nasional itu.

Bermalam di Villa Gunung Gare, rombongan Gufron pun esok harinya seusai  cross check perbekalan dan bersiap meninggalkan villa melaju ke Kampung  4.

“Saatnya kita ke Kampung 4. Hati-hati jalanan licin,” pesan Gufron pada kawan-kawannya.

Sesampainya di Kampung 4, rombongan merasakan usara yang begitu kontras dibanding saat ada di Villa Gunung Gare. Untungnya, di ketinggian 1.500 mdpl ini terhampar kebun teh menjadi obat penawar panas selama diperjalanan. Dan, Kampung IV adalah titik awal pendakian untuk para sang ‘pemberani’ dari Kabar Sumatera.

“Kami berenam ini bertemu dengan para pendaki lainnya. Umumnya mahasiswa dari berbagi Perguruan Tinggi di Kota Palembang,” cetus Gufron.

pendaki

Tim Pendaki di atas Puncak Merapi Gunung Dempo

Sejarah itu dimulai pukul 05.30 WIB. Inilah saat bagi Gufron dan anggota ekpedisi lainnya untuk mengibarkan bendera Kabar Sumatera di puncak Gunung Dempo.

“Luar biasa. Momentum ini tak akan pernah kami lupakan. Berkibarlah Kabar Sumatera di puncak Gunung Dempo,” Gufron berkata antusiasme.

 

TEKS     : GHUFRON

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster