TTG ke-X dan Expo PNPM MP 2014. Tingkatkan SDM, Kelola Potensi Lokal

 202 total views,  2 views today

PAGARALAM – Guna meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan dalam meningkatkan produksi dan mutu produk, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMD) Provinsi Sumatera Selatan  bersama Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Kelurahan (BPMK) Kota Pagaralam, menggelar Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-X dan Expo Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) Tingkat Sumsel 2014. Kegiatan ini dipusatkan di Alun-alun Selatan, Kelurahan Nendagung, Kecamatan Pagaralam Selatan, dibuka langsung Gubernur Sumatera Selatan  (Sumsel) Ir H Alex Noerdin, Kamis (5/6).

Gubernur Sumsel Ir H Alex Noerdin pada kesempatan itu mengatakan, dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam produksi maupun mutu produk, pihaknya menggelar pameran TTG ke-X dan Expo PNPM MP 2014. Ia mengatakan, Kota Pagaralam sendiri merupakan daerah yang paling tepat untuk melaksanakan kegiatan ini.

“Program ini  menampilkan berbagai teknologi yang begitu bermanfaat bagi masyarakat luas,” kata Alex seraya berujar penerapan program  ini guna pengoptimalisasian sejumlah potensi lokal yang ada di Bumi Besemah dan Kabupaten/Kota se-Sumsel.

Kegiatan ekonomi kerakyatan ini lanjutnya, merupakan upaya peningkatan ekonomi di masyarakat dalam memacu pengembangan wilayah pelosok, sehingga sumber daya manusia (SDM) yang ada maupun sumber daya alam (SDA) dapat lebih berkembang lagi.

“Ya, langkah ini dilakukan guna meningkatkan keunggulan secara kompetetif dalam persaingan usaha baik lokal, regional hingga global. Kemudian program ini dapat pula memberi peluang membuka lapangan kerja dan usaha bidang teknologi demi meningkatkan ekonomi kerakyatan,” jelasnya.

Meski begitu kata Alex, faktor keberhasilan program TTG dan Expo PNPM Mandiri Perdesan ini begitu berkaitan dengan kesiapan masyarakat.Termasuk pula tingkat keterampilan maupun jiwa kewirausahaan yang mesti didukung persedian bahan baku dan lainnya.

“Tingkat keseriusan para fasilitator dalam membimbing masyarakat melalui teknis implementasi TTG dan pembinaan secara bersinambungan, tentunya penerapan teknologi dimaksud secara perlahan mudah dimengerti dan dapat dioperasikan. Selanjutnya dikembangkan melalui usaha mandiri oleh masyarakat itu sendri,” ujarnya.

Ucap Wali Kota Pagaralam Hj Ida Fitriati Basjuni, pameran TTG ke-X dan Expo PNPM Mandiri Perdesaan ini hendaknya dapat memberi pengetahuan baru kepada masyarakat secara luas.

“Seluruh lapisan masyarakat begitu antusias dalam menyaksikan sejumlah hasil produksi lokal Bumi Besemah dan daerah lainnya, mulai dari alat produksi pertanian, alat kesenian dan lainnya,” kata Ida.

Melalui program ini kata Ida, mari tingkatkan kreatifitas dan produksivitas olahan pangan masyarakat guna mendukung ekonomi kerakyatan dalam mewujudkan Pagaralam secerah alam dan Sumsel Gemilang. “Semoga pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar,” hendaknya seraya berujar kami ucapkan banyak terima kasih kepada pihak Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk melaksanakan momen seperti ini.

Pantauan di lapangan, kegiatan berlangsung dihadiri Gubernur Ir H Alex Noerdin,Wali Kota Hj Ida Fitriati Basjuni, Ketua DPRD Ruslan Abdul Gani SE, Sekda Drs H Safrudin MSi, Wakil Bupati Lahat, Wakil Bupati Empat Lawang,  Kepala SKPD di lingkungan Pemkot Pagaralam, Kepala BPMK/D se-Sumsel, Tokoh Masyarakat, Agama, Pemuda, LSM, OKP, Pelajar dan undangan lainnya. Usai membuka TTG ke-X dan Expo PNPM Mandiri Perdesaan, Gubernur Sumatera Selatan beserta rombongan melakukan penanaman bibit pohon pelindung di kawasan Alun-alun Selatan Kota Pagaralam.

 

TEKS:ANTONI STEFEN

EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster