Pelaksanaan Porprov Ditunda, Pemprov Lakukan Efisiensi Anggaran

 213 total views,  2 views today

 

ilustrasi

ilustrasi

PALEMBANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel), tahun ini harus melakuan efisiensi anggaran. Hal itu disebabkan, sebagai imbas dari efisiensi anggaran yang dilakukan pemerintah pusat.

Gubernur Sumsel, Alex Noerdin menyebut  pemerintah menunda sebanyak 1.781 proyek di Kementrian Pekerjaan Umum (PU), secara nasional. Efisiensi yang dilakukan pemerintah pusat itu, membuat pemprov juga harus melakukan efisiensi terhadap APBD Sumsel.

Karenanya menurut Alex, pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang rencananya digelar tahun ini di Kota Lubuklinggau, harus ditunda hingga tahun depan. Akan tetapi sebut Alex, program-program unggulan Sumsel yakni berobat gratis, pendidikan gratis, pelayanan publik, dan peningkatan kualitas tetap berjalan tanpa adanya tunda-tundaan.

“Kalau yang program unggulan kita, tidak dong. Karena itu berhubungan langsung dengan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Sumsel. Jadi, tidak akan ada yang ditunda,” kata Alex, Kamis (5/6).

Sementara itu, Sekretaris Daerah Sumsel, Mukti Sulaiman menyebut, efisiensi anggaran tersebut akan dibicarakan dalam pembahasan APBD Perubahan Sumsel 2014, pada Juli mendatang.

Efisiensi anggaran tersebut dilakukan pemprov, karena dana bagi hasil dari pemerintah pusat untuk tahun ini mengalami pengurangan.  “Ingat, itu baru indikasi ya! Kepastiannya baru bisa diketahui pada penetapan APBD perubahan Juli nanti,” ucap Mukti.

Dirinya menjelaskan, jika memang dana bagi hasil dari pusat berkurang, maka pelaksanaan program tahun ini tidak bisa sesuai target, dan harus ada hal-hal yang ditunda. “Salah satunya, poprov di Lubuk Linggau. Untuk kegiatan-kegiatan pelayanan masyarakat akan tetap jalan, dan tidak akan menjadi kendala yang berarti,” tukasnya.

TEKS              : IMAM MAHFUZ

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster