Membentuk Jiwa Sosial Lewat PMR

23 total views, 3 views today

pmi

KAYUAGUNG – Pembentukan jiwa yang berkarakter sosial para generasi penerus bangsa harus dimulai sejak dini. Hal itu dapat dilakukan para pelajar dengan mengikuti kegiatan Palang Merah Remaja (PMR) di sekolah masing-masing. Demikian dikatakan Wakil Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), dr Fikram, saat melantik 155 anggota PMR SMA Negeri 2 Kayuagung angkatan ke-10, Kamis (5/6).

Kata Fikram, sesuai dengan visinya, PMR sebagai generasi muda kader PMI harus mampu dan siap menjalankan kegiatan sosial kemanusiaan, sesuai dengan prinsip-prinsip dasar Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional.

“Sementara misinya, PMR bertujuan membangun karakter kader muda PMI sesuai dengan prinsip dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional serta Tri Bhakti PMR, menanamkan jiwa sosial kemanusiaan dan menanamkan rasa kesukarelaan,” ujar dr Fikram didampingi Sekretaris PMI OKI, Sirni Lestari SAg.

Untuk tahun 2014, pelantikan anggota PMR SMAN 2 Kayuagung ini adalah kali pertama yang dilakukan Pengurus PMI OKI. “Sebenarnya jadwal pelantikan kita padat, namun untuk SMAN 2 Kayuagung mendapatkan kesempatan pertama, nanti sekolah lain menyusul. Sesuai jadwal minggu depan kita akan melantik anggota PMR dari SMAN 3 Unggulan Kayuagung dan SMAN 1 Teluk Gelam,” terangnya.

Kepada anggota PMR SMAN 2 Kayuagung yang telah dilantik, Fikram mengharapkan kedepan anggota PMR dapat menjadi garda terdepan dalam menciptakan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), terutama di lingkungan sekolah.

“Selain itu, kami juga ingin anggota PMR ini bisa mensosialisasikan bahayanya aksi kebut-kebutan yang sering dilakukan pelajar di jalan raya, berprilaku sopan dan tidak merusak fasilitas umum seperti mencoret-coret dinding dan halte,” bebernya.

Direktur RSUD Kayuagung ini juga berpesan kepada para pelajar agar selama menjadi anggota PMR untuk dapat menggali ilmu, mengembangkan serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari tanpa pamrih, sebab Palang Merah adalah kegiatan sosial tanpa mengharapkan imbalan materi.

Acara pelantikan ini dilakukan di lapangan upacara SMAN 2 Kayuagung. Ke-155 anggota PMR yang dilantik terdiri dari 29 orang pelajar laki-laki, 126 orang pelajar perempuan dan diketuai oleh Indra Aldiansyah, sementara guru sekolah setempat, Rusmayani SE ditunjuk sebagai Pembina.

 

TEKS   : DONI AFRIANSYAH

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL

 

 





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com