Terkendala Kedangkalan Kanal di TPKS, Persiapan Festival Sriwijaya Dikebut

 208 total views,  2 views today

Ilustrasi | Dok KS

Ilustrasi | Dok KS

PALEMBANG – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumatera Selatan (Sumsel), saat ini terus mengebut proses persiapan untuk lokasi penyelenggaraan Festival Sriwijaya (FS) ke XXII, yang akan diselenggarakan di Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya (TPKS).

“Kami hari ini (kemarin), mengecek langsung lokasi penyelenggaraan. Karena waktunya sebentar lagi, maka persiapannya harus kita kebut,” kata Sekretaris Disbudpar Sumsel, Firmanjaya ketika dibincangi di ruang kerjanya, Rabu (4/6).

Menurut Firmanjaya, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk pelaksanaan FS ke XXII tersebut. Misalnya, lokasi panggung, stand-stand pameran dan lokasi teaterikal Sriwijaya.

“Informasi yang kita terima, ada sedikit kendala yakni soal kanal yang masih dangkal. Kanal tersebut, nantinya akan dilalui oleh kapal saat pagelaran berlangsung nanti. Sedangkan persiapan yang lain, bisa dikatakan sudah hampir komplit,” jelas Firmanjaya.

“Saat ini, memasuki musim kemarau sehingga wajar jika kanal di TPKS menjadi dangkal. Agar kapal itu dapat melaju diatas kanal, maka setidaknya perlu satu meter untuk kedalam air yang ada di kanal. Untuk itulah, kita bersama Dinas PU Pengairan, mencari strategi dan untuk menyiapkan air di kanal tersebut,” ungkapnya.

Sementara untuk peserta jelasnya, sudah ada sebagian yang memastikan kehadiran yaitu peserta yang berasal dari kabupaten/kota di Sumsel. “Peserta dari provinsi lain dan lima negara di kawasan Asia Tenggara yang kita undang, saya belum bisa pastikan. Sebab belum mendapatkan informasi lebih lanjut,” terangnya.

Firmanjaya menambahkan, untuk penyelenggaraan FS ke XXII di TPKS pada 16-22  Juni mendatang, Disbudpar menyiapkan anggaran sebesar Rp 1,3 milyar. “Dalam mempersiapkan penyelenggaraan FS ke XXII ini, kami bekerjasama dengan beberapa pihak. Contohnya, untuk lokasi, kami berkoordinasi dengan Dinas PU CK, untuk jalan kami berkoordinasi dengan Dinas PU BM. Sementara untuk opening ceremony, kami koordinasi dengan Biro Humas dan Protokol,” ujarnya.

Terpisah, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, membenarkan adanya kendala soal kedalaman air di kanal TPKS. Tetapi ia yakin, permasalahan tersebut segera diatasi.  “Saya mendapat kabar dari wagub, yang sudah diajak panitia semalam ke lokasi soal kendala tersebut. Namun itu bisa kita atasi. Tim sudah dikerahkan, untuk mempercepat proses persiapan karena jaraknya sudah semakin dekat,” tukasnya.

 

TEKS              : IMAM MAHFUZ

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster