Terkait Kelangkaan Elpiji 3 Kg, Disperindagkop Batal Gelar Sidak

 285 total views,  2 views today

BANYUASIN – Ancaman Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan UMKM Kabupaten Banyuasin, untuk melakukan sidak ke sejumlah agen elpiji 3 kilogram di Kecamatan Talang Kelapa, yang rencananya akan digelar, Rabu (4/5), ternyata hanya gertak sambal belaka.

Padahal sidak itu direncanakan dilakukan, untuk mengetahui penyebab terjadinya  kelangkaan elpiji 3 kilogram (Kg) yang terjadi di Kecamatan Talang Kelapa, sejak satu pekan yang lalu. Sidak itu juga untuk memastikan, benar atau tidaknya informasi dari masyarakat kalau ada sejumlah agen elpiji di kecamatan tersebut yang enggan menjual elpijinya ke masyarakat.

“Tidak batal, namun waktunya saja yang kita undur menjadi tanggal 10 Juni nanti,” bantah Kepala Disperindagkop dan UMKM Kabupaten Banyuasin, Banyuadin Hasmi melalui Kabid Perdagangan, Erwani Rivai saat di konfirmasi, kemarin.

Menurut Erwani, sebenarnya Disperindagkop dan UMKM sudah berniat melakukan  sidak ke sejumlah agen elpiji di Kecamatan Talang Kelapa, Selasa (3/6) lalu. “Rencananya kita menggelar sidak usai pulang kantor, tetapi saat itu jalanan macet. Sampai di rumah saja sudah malam, sehingga tidak sempat lagi melakukan sidak,” kilahnya.

Namun ia berjanji, akan secepatnya melakukan sidak ke agen-agen elpiji di Kecamatan Talang Kepala yang disebut warga, tidak mau menjual stok elpijinya ke warga sekitar. Tetapi sayangnya Erwani, tidak dapat memastikan berapa banyak jumlah agen elpiji yang ada di kecamatan tersebut, dengan alasan tidak ada laporan yang masuk ke Disperindagkop dan UMKM terhadap keberadaan agen-agen elpiji itu.  “Nanti kita cek, apakah mereka itu agen, distributor atau pengecer. Kalau agen, memang wajib memjual kewarga sekitar,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Disperindagkop an UMKM Kabupaten Banyuasin, Banyuadin Hasmi menambahkan , pengunduran jadwal sidak itu disebabkan pelaksanaan sidak akan dibarengi dengan operasi pasar (OP).  “Kita undur, sekalian dengan menggelar OP,” kilahnya.

OP itu sebutnya, rencananya akan dilakukan di tiga kecamatan yakni Kecamatan Talang Kelapa, Pangkalan Balai dan Betung. “OP ini kita gelar, untuk menekan harga sembako yang diprakirakan bakal naik menjelang bulan suci ramadhan,” tukasnya.

 

 

TEKS              : DIDING KARNADI

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster