Peserta KB Empat Lawang Menurun

 249 total views,  2 views today

Ilustrasi Badan Keluarga Berencana (KB) | Dok KS

Ilustrasi Badan Keluarga Berencana (KB) | Dok KS

EMPAT LAWANG – Peserta program Keluarga Berencana (KB) di Kabupaten Empat Lawang, menurun jauh. Baik itu untuk peserta medis oprasi pria (MOP) atau yang disebut vasektomi, juga jenis tubektomi atau medis oprasi wanita (MOW).

Data Badan Keluarga Berencana Daerah (BKBD) Kabupaten Empat Lawang, pada program operasi KB gratis 2014, tercatat hanya 38 peserta dari delapan kecamatan. Berbeda jauh dengan 2013 lalu, mencapai 60 peserta secara keseluruhan.  “Pesertanya tidak sesuai ditargetkan. Harusnya kita siapkan minimal 50 orang,” ungkap Kepala BKBD Empat Lawang, Sulni, Rabu (4/6).

Terjadinya penurunan peserta kata Sulni, dikarenakan ada dua kecamatan tidak mengirimkan calon pasien. Yaitu Kecamatan Ulumusi dan Sikap Dalam. Selain itu faktor mempengaruhinya, banyak masyarakat lebih memilih ke kebun mengingat saat ini musim kopi sehingga masyarakat menjadi malas untuk datang mengikuti program KB.

Sulni menambahkan, bagi masyarakat mengikuti KB jenis MOW memang membutuhkan istirahat total minimal satu minggu. Sedangkan MOP, minimal tiga hari. “Bagi kepala keluarga (KK) yang mengikuti dua program tersebut, kita berikan dana kompentasi sebesar Rp 300 ribu. Bantuan ini, untuk memenuhi kebutuhan dalam keluarga mereka, mengingat mereka itu tidak bekerja dan harus istirahat total,” jelasnya.

Nah, kedepannya upaya dilakukan untuk menarik simpatisan masyarakat program KB, akan dicari motivator dengan melibatkan tokoh pemuda, pemuka agama, tokoh masyarakat. “Mereka ini kita harapkan, bisa memberikan motivasi dan contoh kepada masyarakat terhadap pentingnya program KB,” tukasnya.

TEKS              : SAUKANI

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster