Membentuk Jiwa Nasionalis Melalui Seni

13 total views, 3 views today

Ahmad Najib, Plt Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel, acara Audisi Calon Anggota Paduan Suara Gita Bahana Nusantara di RRI, Rabu (4/6/2014) | Dok KS

Ahmad Najib, Plt Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel, acara Audisi Calon Anggota Paduan Suara Gita Bahana Nusantara di RRI, Rabu (4/6/2014) | Dok KS

PALEMBANG – Guna menanamkan nilai-nilai nasionalisme melalui seni di kalangan generasi muda, yang terdiri pelajar dan mahasiswa di Sumatera Selatan (Sumsel), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel mengikutsertakan mereka dalam Audisi Calon Anggota Paduan Suara Gita Bahana Nusantara. Hal ini dipersiapkan  untuk perayaan Kemerdekaan RI Agustus nanti. “Audisi tersebut untuk menjaring generasi muda Sumsel yang akan diikut sertakan saat peringatan Hari Kemerdekaan RI atau detik-detik proklamasi,” ujar Asisten Kesra Pemprov Sumsel, Ahmad Najib, sekaligus Plt Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel, di sela-sela acara, Rabu (4/6/2014).

Didampingi Kabid Kebudayaan dan Seni Heri Wijaya, Ahmad Nadjib mengatakan melalui audisi ini, juga untuk menanamkan nilai seni, terutama yang terkait dengan pesan nasionalisme dan jiwa patriotis di kalangan generasi muda.

Lebih lanjut, Ahmad Nadjib, mengatakan proses pembentukan jiwa nasionalis dan patriotis melalui seni menjadi penting ditanamkan bagi siswa dan mahasiswa. “Sebab siswa dan mahasiswa merupakan bagian generasi muda yang akan disiapkan menjadi calon pengganti tampuk kepemimpinan bangsa,” tegasnya.

Nadjib menegaskan, audisi ini sekaligus untuk mencari bibit calon kreator seni dari kalangan siswa dan mahasiswa, yang nantinya akan didorong agar mereka mampu untuk berprestasi untuk Sumsel. “Ini ajang untuk mencari bibit berprestasi di bidang paduan suara. Seperti  pesan Gubernur bahwa kita harus menanamkan jiwa seni kepada generasi muda. Generasi muda sebagai penerus terutama di Sumsel sendiri ini pun perlu memiliki jiwa seni yang cukup baik,” terangnya.

Melalui kegiatan ini, Nadjib mengharapkan, anak-anak di Sumsel menjadi pribadi yang memiliki patriotisme  dengan tetap menyukasi lagu-lagu nasional. “Jangan hanya suka dengan lagu Pop saja. Namun juga lagu-lagu nasional, sehingga lagu nasional tidak akan tergilas oleh maraknya lagu-lagu Pop di negeri ini,” ujarnya.

Acara audisi ini, menurut Nadjib, terkait dengan Provisi Sumsel yang dipercaya menjadi salah satu peserta. “Ini menunjukkan bahwa Sumsel menjadi salah satu provinsi yang terdepan. Dengan audisi yang diikuti oleh 78 anak ini nantinya akan diseleksi menjadi 4 pemenang dan dikirim ke Jakarta awal Agustus nanti. Empat yang terbaik nanti, akan di satukan dengan peserta dari provinsi lain untuk peringatan Hari Kemerdekaan RI dan detik-detik proklamasi,” tambahnya, usai Pembukaan Audisi di RRI Palembang, Rabu (4/6).

Pada kesempatan yangs ama, Juri Audisi Calon Anggota Paduan Suara Gita Bahana Nusantara, yang juga perwakilan dari Kementerian Pariwisata, Agus Yuwono mengatakan Gita Bahana Nusantara merupakan sebuah Orkestra dan Paduan Suara yang terdiri dari perwakilan terbaik se-Indonesia.  “Mereka disiapkan dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan RI,” ujarnya.

Pada audisi kemarin, peserta di-audisi satu persatu dalam satu hari.  “Diantaranya yang diuji diantaranya lagu nasional, tes membaca not. Kriteria dari audisi tersebut seperti materi vikal, teknik vokal, dan ekspresi dalam menyanyi. Nannti, jika sudah ada empat terbaik dari Sumsel, akan diikutsertakan ke tingkat nasional pada 1 Agustus mendatang dalam program latihan bersama. Semoga ajang ini dapat menjadi motivasi. Buktikanlah bahwa kita punya prestasi yang baik,” tambahnya.

 

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : IMRON SUPRIYADI

 





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com