Kabar Sumatera Terbaik Lomba Foto Jurnalistik se-Sumsel

 550 total views,  2 views today

Foto diatas adalah karya Bagus Kurniawan, (Fografer Harian KS) yang mendapat prestasi terbaik pertama se-Sumsel dalam Lomba Foto JurnalistikBPJS 29-30 Mei 2014.

Foto diatas adalah karya Bagus Kurniawan, (Fografer Harian KS) yang mendapat prestasi terbaik pertama se-Sumsel dalam Lomba Foto JurnalistikBPJS 29-30 Mei 2014.

Palembang – Harian Umum Kabar Sumatera (KS), memang baru seumur jagung. Sebab harian ini baru lahir 3 Januari 2013. Tapi, keinginan untuk tetap meyetarakan diri dengan media lain yang sudah lahir sebelumnya terus dilakukan. Salah satu diantaranya, Harian KS mengikuti sejumlah lomba dan even yang diharapkan dapat menyejajarkan diri dengan media di Sumsel.

Pekan silam, Fotografer Harian KS, Bagus Kurniawan dan Iwan Cheristian, terkejut bukan kepalang. Sebab foto yang diikutsertakan dalam lomba foto jurnalistik yang digelar BPJS (Badan Pegawai Jaminan Sosial) mendapat predikat Foto Jurnalistik Best Moment pertama dalam perlombaan foto yang mengusung Tema “Ketenaga Kerajan di Sumsel”.

“Bagus, foto kita dapat juara satu,” ujar Iwan saat memberi tahukan kabar baik ini kepada Bagus Kurniawan yang sdang melakukan liputan. Kontan saja, Bagus yang sejak awal hanya ingin berpatisipasi dalam lomba ada ras bahagia dan tidak percaya.

“Ah, yang bener, Wan?” jawab bagus dalam telpon.

“Bener, beritanya sudah naik hari ini,” Iwan memastikan kabar itu.

Foto yang mendapat terbaik pertama, bercerita tentang seorang pekerja pemadam kebakaran sedang membantu temannya membersihkan abu kebakaran dari sisa kebakaran Pabrik Karet PT Hoktong, pekan silam. Seorang pemadam itu membersihkan abu kebakaran yang menempel di sekujur tubuh temannya dengan menyemprotkan air ke badan petugas lainnya.

Bagi Harian KS, prestasi ini merupakan kebahagaiaan tersendiri, terlebih bagi Bagus Kurniawan dan Iwan Cheristian. Sebab keduanya mantan jurnalis kampus IAIN Raden Fatah Palembang, yang ilmu fotografinya jauh dibawah para fotografer senior lain di Palembang, yang sudah punya “jam terbang” lebih dibanding kedua fotografer Harian KS.

Lomba yang dilaksanakan pada 29-30 Mei 2014, menghadirkan pada juri ternama di Palembang dan di Indonesia. Tercatat sebagai dewan juri dalam lomba ini, Mushaful Imam, (Ketua Pewarta Foto Palembang), Kristupa Saragih (CEO Fotorafer Net)dan Arif Budiman (BPJS Ketenagakerjaan). Selain lomba foto dalam acara itu, juga digelar  talk show, pertunjukan musik, hingga lomba menggambar untuk anak-anak.

Puncak Pengumuman para pemenang dan penyerahan hadiah dilaksanakan di pusat keramaian dan perbelanjaan, yaitu Palembang di Indah Mall.  Sedikitnya ada 25 karya foto Jurnalistik maupun 25 karya foto katagori umum  terbaik dipamerkan selama 1 hari di lantai 2 Auditorium Palembang Indah Mall. Bagi juara lomba  foto jurnalistik versi BPJS 2014  ini, mereka mendapat hadiah berupa uang dan piagam.

Kepala Kanwil BPJS Ketenagakerjaan Sumbagsel, Adjat Sudrajat mengatakan pihaknya mengucapkan Selamat kepada Harian Umum KS mendapatkan Juara 1 dalam lomba Foto Jurnalistik ini. “Foto yang telah menjuarai lomba foto BPJS di tahun ini, akan kita cetak serta kita pajang di ruangan pelayanan BPJS. Untuk foto yang juara 1 dari Harian Umum KS, foto tersebut akan kita jadikan Banner atau spanduk untuk tahun 2014,” katanya, belum lama ini.

Pada kesempatan itu, Adjat juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terutama perusahaan media  yang telah mengikuti kegiatan yang di adakan BPJS Ketenagakerjaan Fair tersebut. “Lomba ini merupakan salah satu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan ketenagakerjaan  melalui seni fotografi. Selain itu, kegiatan BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Sumbagsel dengan BPJS Fair ini juga sebagai bentuk sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait salah satu badan jaminan social di Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Imron Supriyadi, Pemimpin Redaksi Harian Umum KS memberi selamat kepada Bagus dan Iwan yang sudah berkarya.

“Ini hanya awal. Prestasi ini jadikan sebagai motivasi untuk terus berkarya. Tapi jangan puas diri. Teruslah berkarya dan berkarya,” ujarnya memberi dorongan moral kepada kedua fotgrafernya.**

 

Teks : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster