67 Siswa SMAN 1 Unggulan Muaraenim Lolos SNMPTN

 358 total views,  4 views today

SNMPTN

MUARAENIM – Sebanyak 67 Siswa/i Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Unggulan Muaraenim diterima di Universitas bergengsi di Indonesia. Ke- 67 Siswa/i tersebut merupakan siswa/i terbaik yang baru lulus ujian nasional 2014 beberapa waktu lalu. “Untuk ke-67 siswa/i kita yang telah lulus usai mengikuti ujian nasional 2014 beberapa waktu lalu, sudah dipastikan masuk universitas negeri” tutur Darmadi SPd MSi selaku kepala Sekola SMAN 1 Unggulan Muaraenim, kepada Kabar Sumatera, kemarin, Rabu (4/5).

Kepastian masuk Perguruan Tinggi Negeri, kata dia, lantaran ke-67 siswa/i tersebut dinyatakan lolos melalui jalur Seleksi Nasional Masuk  Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Adapun untuk perguruan tinggi negeri yang berhasil di raih para siswa/i SMAN 1 Unggulan Muaraenim tersebar di beberapa provinsi di Indonesia, diantaranya, Universitas Gajah Mada (UGM) sebanyak 13 Siswa, Institut Teknologi Bandung (ITB) 1 siswa, Universitas Padjajaran (Unpad) 5 siswa, Institut Prtanian Bogor (IPB) 5 siswa.

Selain itu, lanjut Darmadi, Universitas Diponorogo (Undip) sebanyak 3 siswa, Universitas Brawijaya (Unbra) 1 siswa, Universitas Sebelas Maret 2 siswa, Universitas Islam Negeri (UIN) 1 siswa, Universitas Malang 2 siswa, Universitas Andalas (Unand) 1 siswa, Universitas Lampung (Unila) 4 siswa dan Universitas Sriwijaya (Unsri) sebanyak 30 siswa,

“Untuk kategori siswa diterima melalui jalur SNMPTN di Kabupaten Muaraenim, sejauh ini Sekolah Kita yang paling banyak. Dan bisa dikatakan No 1 dari 28 Sekolah Menengah Atas yang ada di Kabupaten Muaraenim, termasuk juga 2014, tertinggi nilai ujian nasionalnya dibidang mata pelajaran IPA dan IPS,” ucapnya.

Selain terbanyak dalam jumlah siswa yang diterima, kata Darmadi, juga mengalami peningkatan sekitar 3 persen, siswa yang diterima melalui jalur SNMPTN dibandingkan tahun lalu. Termasuk peningkatan jumlah universitas yang berhasil diraih siswa kita. Seperti halnya ITB, tahun kemarin tidak ada yang lolos, 2014 ada 1 siswa kita yang lolos.

Dikatakan Darmadi lebih jauh, sistem seleksi SNMPTN dilakukan sendiri oleh masing-masing perguruan tinggi, pihaknya cuma menyampaikan administrasi hasil belajar siswa selama di sekolah, yang menentukan pihak perguruan tinggi.

“Kita cuma menyampaikan hasil belajar siswa, yang menilai dan menyeleksi pihak perguruan tinggi yang menerima. Alhamdulillah untuk tahun 2014 ini, siswa kita yang lolos sebanyak 67 orang dari 181 siswa yang dilepas 2014,” jelas Darmadi.

Untuk sisanya, lanjut Darmadi, jika siswa berkeinginan masuk perguruan tinggi negeri, mereka harus mengikuti jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

“Siswa kita yang tidak masuk SNMPTN, bagi yang berkeinginan masuk perguruan tinggi negeri bisa mengikuti jalur SBMPTN. Kalau biasanya tahun-tahun sebelumnya banyak juga yang lolos melalui jalur SBMPTN ini,” pungkasnya.

 

TEKS   : SISWANTO

EDITOR  : IMRON SUPRIYADI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster