Wagub Serahkan Bantuan Rp 24 Miliar

 261 total views,  4 views today

Ishak Mekki

Ishak Mekki

  • Kepada 227 Desa 14 Kelurahan di Ogan Ilir

INDERALAYA – Gubernur Sumsel H Alex Noerdin melalui Wagub Sumsel, H Ishak Mekki menyerahkan bantuan berupa Bantuan Gubernur (Bangub), sebesar Rp 24 Miliar, kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir untuk disalurkan kepada  227desa dan 14kelurahan se-Kabupaten Ogan Ilir (OI).

Masing-masing desa atau kelurahan mendapatkan dana bangub sebesar Rp 100 juta per desa atau kelurahan. Angka tersebut naik 100 persen dari tahun sebelumnya yang hanya sekitar Rp 50 juta perdesa atau kelurahan.

Wagub Sumsel H Ishak Mekki, Jumat (30/5) dihadapan ratusan kades dan lurah mengatakan setiap desa mendapatkan dana bangub Rp100juta/tahun. “Bantuan ini bukan untuk pribadi tapi untuk keperluan desa. Harus dilaporkan dan dimonitor inspektorat Sumsel dan kabupaten,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk 2014 ini, total bantuan yang diberikan kepada Sumsel termasuk OI nilainya Rp 323miliar untuk 2846 desa 385 kelurahan.

“Dana yang disampaikan sudah ada perinciannya. Dana tersebut dikirimkan ke  rek kades dan lurah, hari ini simbolis saja,”kata Ishak.

Menurutnya, bangub bukan hanya dana untuk desa dan kelurahan, tapi juga dibagikan kepada petugas P3N berupa satu unit motor kepada seluruh petugas P3N Depag, demi kelancaran menjalankan tugas untuk pelayanan masyarakat.

“Kita berharap  bantuan terus meningkat anggaran makin tinggi kedepan, sehingga bisa makin meningkatkan peserta yang beribadah umroh untuk tokoh masyarakat, agama ustadz pejuang dan sebagainya. Ini semua demi kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Disinggung jika ada yang menyelewengkan dana tersebut, Wagub menjelaskan, pihaknya tidak segan-segan akan memberikan tindakan tegas kepada Kepala Desa (Kades) atau lurah yang sengaja menyelewengkan dana Bantuan Gubernur (Bangub), untuk keperluan pribadi.

“Kalau masuk ranah hukum akan akan ditindak tegas. Kalau bersifat administrasi, kita akan perbaiki,” ucapnya,

Sementara itu, Wabup OI HM Daud Hasyim mengatakan pihaknya berterimakasih atas bantuan yang diberikan gubernur melalui wakil gubernur kepada setiap desa dan kelurahan Rp 100juta.

“Alhamdulillah kita bersyukur dapat bantuan bangub Rp24miliar. Bantuan ini bisa digunakan untuk kegiatan karangtaruna, tambahan penghasilan P3N, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), PKK dan sebagainya,” ujarnya.

Disamping itu, menurut wabup, tahun 2014 ini Pemkab OI juga menggelontorkan dana ADD Rp18 miliar lebih kepada 241 desa/kelurahan.

“Masing-masing desa mendapatkan bantuan Rp 75 juta. Bantuan tersebut diharapkan bisa digunakan untuk  sarana prasarana sosial pemerintah desa, perhubungan, produksi, siskamling, pembuatan TK, TPA, siring jalan desa, belanja pegawai.

“Kita berharap seluruh bantuan tersebut dapat digunakan untuk kemajuan desa, demi kesejahteraan masyarakat,”ujarnya.

 

TEKS   : JUNAEDI ABDILLAH

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster