Kemacetan Jalan Lintas Baturaja Terjadi Hampir Setiap Hari

 171 total views,  3 views today

Ilustrasi Macet | Dok KS

Ilustrasi Macet | Dok KS

MUARAENIM – Jalan Lintas Baturaja, tepatnya di kawasan bisnis Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muaraenim sering macet dan semrawut. Kondisi ini sering dikeluhkan warga, akibat banyaknya kendaraan baik angkutan umum, pribadi, dan sepeda motor yang tidak menaati rambu lalu lintas.

Informasi yang dihimpun di lapangan, kondisi tersebut terjadi pada jam-jam sibuk. Biasanya terjadi antara pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB. Di jam-jam tersebut, biasanya angkutan barang sering menaik dan menurunkan muatannya, sehingga memakan badan jalan. Kondisi ini diperparah dengan sepeda motor, yang parkir sembarangan.

Belum lagi angkutan umum, yang ngetem ditempat yang tidak seharusnya. Sehingga mengakibatkan arus lalu lintas menjadi tersendat. Sayangnya tidak ada satu pun petugas dari kepolisian, yang mengatur lalu-lintas hingga kemacetan menjadi-jadi.

Roni (38), salah seorang pengendara yang melintasi lokasi tersebut saat dibincangi Kabar Sumatera menyebut kemacetan dikawasan terjadi hampir setiap hari. Menurut warga Tanjung ini, kemacetan itu tidak akan terjadi jika semua pengendara kendaraan mentaati aturan lalu-lintas.

“Banyak pengendara kendaraann, yang tidak mentaati aturan lalu-lintas. Misalnya, sudah jelas-jelas ada tanda larangan parkir namun masih saja banyak kendaraan yang parkir. Ada juga kendaraan umum yang menunggu penumpang, tepat di tempat larangan berhenti. Belum lagi truk yang bongkar muat ditempat tersebut, sehingga kemacetan tidak bisa dihindari,” ungkapnya kesal.

Hal senada dikatakan, Ilham (29), warga lainnya. Menurutnya, kondisi jalan yang macet dan tidak karuan itu membuat banyak pengguna jalan mengeluh. Namun masyarakat terangnya, tidak bisa berbuat banyak.

Apalagi sampai saat ini jelasnya, tidak ada upaya dari pihak terkait untuk mengurai kemacetan misalnya dengan menempatkan polisi lalu-lintas untuk mengatur arus lalu lintas atau petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub), Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) untuk menertibkan kendaraan yang parkir sembarangan.  “Kalau ada petugas, kemacetan disana tidak akan terjadi. Harus ada yang mengatur dan menegur pelanggaran-pelanggaran yang terjadi, sehingga kemacetan bisa diurai,” sarannya.

 

TEKS           : SISWANTO

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster