Jelang Pilpres, Panwaslu Minta PPL Ditambah

 238 total views,  2 views today

PAGARALAM – Menjelang pelaksanaan Pemilihan  Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) yang akan digelar  9 Juli mendatang, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Pagaralam meminta agar Panitia Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) dapat  ditambah. Rencana Penambahan Anggota PPL tersebut telah diajukan ke Badan Pengawasan Pemilu Provinsi pada saat Bimbingan Tekhnis (Bimtek) di Palembang beberapa hari yang lalu.

Pada saat Pemilu Anggota Legislatif (Pileg) lalu, jumlah anggota PPL di Kota Pagaralam adalah 243 orang yang  tersebar di lima kecamatan se-Kota Pagaralam. Untuk Kecamatan Pagaralam Utara sebanyak 60 orang, Pagaralam Selatan sebanyak 74 orang, Dempo Utara 48 orang, Dempo Tengah 31 orang dan Dempo Selatan sebanyak 30 orang.

“Pengajuan permohonan penambahan anggota PPL telah kita sampaikan kepada Bawaslu Provinsi,” kata Ketua Panwaslu Kota Pagaralam Haidir Murni SH, kemarin (30/5/2014).

Menurutnya, dengan cakupan tugas pengawasan yang cukup luas itu, jumlah PPL sebanyak 243 orang dirasakan belum terlalu bisa mengcover seluruh kawasan, terutama yang ada di daerah pelosok. Selain itu, jika ada penambahan anggota PPL, maka tugas dari pengawasan dari Panwaslu dapat berjalan maksimal.

“Semoga saja permohonan kita ini dapat segara dikabulkan,” singkatnya.

Sementara itu, pihak  KPU menyampaikan DPS ke KPU Pusat.

“Setelah melalui proses  rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Pagaralam dan sikronisasii dengan Syistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) DPS Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014 tingkat Komisi Pemiliha Umum (KPU) Kota Pagaralam, hasil tersebut akan disampaikan ke KPU Pusat,” kata  Komisioner KPU Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Ahmad Qori Setiawan, kemarin.

Ia menjelaskan, penyampaian DPSHP ke KPU Pusat sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sebelumya,dan DPSHP yang merupakan hasil perbaikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Khusus pada Pemilihan Legislatif (Pileg) lalu masih akan tetap digodok KPU pusat dan masih terbuka peluang untuk mengalami perubahan.

“Pastinya kita akan menerima apa  yang akan diputuskan oleh KPU pusat, terkait DPSHP yang disampaikan,” terangnya seraya berujar sejauh ini pihaknya akan berusaha lebih intens, agar seluruh warga Pagaralam yang telah memenuhi syarat dapat menyalurkan hak pilihnya Pada Pilpres 9 juli mendatang.

Sebelumya, Kasubag Data Dan Program KPU Pagaralam Rahmad Rahmadansyah mengatakan,Hasil dari perbaikan tersebut mengalami penambahan yang signifikan,yang didominasi oleh para pemilih pemula yang pada saat Pilpres genap berusia 17 Tahun. Terbukti dari jumlah DPT pada Pileg. 9 April lalu berjumlah 101.161 mata pilih dan 1722 DPK,setelah dilakukan pemutakhiran  DPSHP menjadi 104.329 pemilih yakni 53.145 pemilih laki-laki dan 51.184 pemilih perempuan

“Itu merupakan hasil pemutakhiran yang dilakukan PPK dan PPS se-Kota Pagaralam,” ujarnya.

 

TEKS   : ANTONI STEFEN

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster